oleh

2018, Pos UKK di TPA Meli Dibentuk

MATARAKYAT_LUTRA –Guna melindungi dan menjaga kesehatan para pemulung di area TPA Meli yang sehari-harinya bekerja mengais sampah demi menghidupi keluarganya, Puskesmas Baebunta berencana akan membentuk Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di lokasi TPA Meli. Demikian diungkapkan Tim Pengelola Pos UKK Puskesmas Baebunta, Marthina Lapuk SKM, Selasa (7/6)

Ungkapan tersebut dia sampaikan di sela-sela pemeriksaan kesehatan para Pemulung di lokasi TPA Meli. Marthina mengatakan, Pos UKK sangat penting sebagai upaya tindakan preventif melindungi para pekerja yang rentan terserang penyakit, utamanya pemulung yang sehari-hari bersentuhan dengan sampah, dan lalat.

“Tahun depan, kami akan bentuk Pos UKK di sini. Ini kita lakukan sebagai upaya melindungi mereka dari serangan penyakit. Saya kira ini sangat urgen, sehingga perlu kita lakukan,” ungkap Marthina.

Menurut Marthina, ketika Pos UKK terbentuk, maka akan ditempatkan personil kesehatan di TPA Meli untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pemulung dalam jumlah yang banyak. “Kalau Pos ini terbentuk, kita akan terjunkan personil 15 – 20 orang untuk melakukan pemeriksaan dalam jumlah yang banyak,” terang Marthina lagi.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup bersama Puskesmas Baebunta melakukan pemeriksaan terhadap 15 Pemulung di TPA Meli. 15 Pemulung yang diperiksa mengidap beberapa penyakit. Yang paling banyak adalah penyakit kulit, di antaranya gatal-gatal dan bisul.

Dengan melihat dampaknya, tim kesehatan mengimbau pemulung untuk selalu melindungi tubuhnya, di antaranya harus memakai topi, memakai baju lengan panjang dan celana panjang, serta harus memakai sepatu atau sandal.

Peliput : Rama | Editor : Zhakral

Komentar

News Feed