oleh

Pemilu 2019, Data Pemilih Di Morut Belum Valid

MATARAKYAT_MORUT – KPU Morut dinilai tidak maksimal melaksanakan kerja jelang Pemilu 2019 mendatang dengan sarana dan prasarana gedung tidak memadai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali Utara (Morut) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat melakukan koordinasi terkait dengan penyediaan data kependudukan untuk meningkatkan kualitas data pemilihan.

Kegiatan koordinasi tersebut dilaksanakan Selasa kemarin (6/6) bertempat di Kantor KPU Morut yang dirangkaikan dengan pembentukan relawan demokrasi dari tokoh agama yang dihadiri belasan Ustad dan Pendeta serta sejumlah perwakilan partai politik. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Bupati Morut Aptripel Tumimomor dan Ketua DPD Partai Nasdem H Idham Ibrahim beserta tokoh masyarakat.

Koordinasi yang dilaksanakan antara KPU dan Pemkab ini merupakan upaya menggenjot Disdukcapil sebagai penyedia data dapat menyiapkan data kependudukan yang lebih akurat dan KPU Sebagai pengguna data untuk kegiatan kepemiluan.

Data kependudukan yang valid merupakan data yang sangat di butuhkan oleh KPU dalam menetapkan presentase pemilih sehingga data pemilih hasil pemutakhiran dapat lebih berkualitas.

Ketua KPU Morut, Tanwir Lamaming dalam rapat koordinasi tersebut mengharapkan, Pemkab Morut dapat menyediakan data kependudukan yang lebih akurat sehingga warga yang belum terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu sebelumnya dapat dimasukan sebagai pemilih saat Pemilu mendatang.

Bupati Morut Aptripel Tumimomor mengatakan, Pemkab siap membantu pihak KPU untuk menyelesaikan pendataan warga setempat agar dapat tercatat sebagai pemilih. Pemkab mengucurkan anggaran untuk memfasilitasi Disdukcapil memperkuat penginputan data melalui pengadaan alat perekam dan cetak E-KTP.

Selain itu Pemkab juga bakal menyiapkan anggaran pada perubahan demi perencanaan pembangunan gedung kantor KPU setempat, selanjutnya tahun 2018 pemkab bakal menyiapkan dana untuk gedung baru KPU. “Untuk tahun ini perencanaan dulu tahun depan bangun kantor sekaligus dengan gudangnya” tukas Bupati.

Peliput : George Marola | Editor : Akbar Karca

Komentar

News Feed