oleh

Safari Ramadhan di Kalaena, ini Himbauan Husler

MATARAKYAT_LUTIM – Kondisi curah hujan yang sangat tinggi di Kabupaten Luwu Timur beberapa hari mengakibatkan sejumlah bencana seperti longsor dan banjir terjadi di beberapa wilayah Luwu Timur. Untuk itulah Bupati Luwu Timur H.M. Thorig Husler menghimbau masyarakat agar tetap waspada terutama yang bermukim di sekitar aliran sungai dan di lereng gunung.

Menurutnya berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Wilayah Kabupaten Luwu Timur termasuk salah satu zona merah bencana alam. Oleh karena itu masyarakat diminta lebih waspada terhadap bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Himbauan tersebut disampaikan Husler di hadapan masyarakat, saat safari ramadan pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat Kecamatan Kalaena di halaman rumah jabatan Camat Kalaena, Jum’at (09/06/2017).

Bupati menceritakan kembali kejadian longsor yang melanda Kabupaten Luwu Timut didua tempat berbeda beberapa waktu lalu, yakni di Desa Maliwowo dan Desa Ussu.  Selain karena curah hujan yang tinggi juga karena terjadi kerusakan hutan akibat pembukaan lahan oleh warga yang bermukim disekitar lereng gunung.

Dia mengingatkan, dengan curah hujan yang tak menentu ini, potensi banjir dan longsor akan mudah terjadi olehnya perlu diantisipasi dengan kewaspadaan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa terutama yang bermukim dilereng gunung dan wilayah wilayah yang berdekatan aliran sungai.

Diungkapkan Husler, dari 11 kecamatan di wilayah Kabupaten Luwu Timur, hampir semua rawan bencana. Hal itu dikarenakan kondisi geografis banyak berbukit dan pegunungan. “Selain banjir dan ¬†longsor, Luwu Timur juga rawan angin puting beliung,” jelasnya.

“Saat ini cuaca tidak bisa diprediksi jadi warga diminta untuk tetap waspada menghadapi kondisi tersebut, hal ini untuk menghindari jangan sampai ada jatuh korban akibat bencana,” kata Husler.

Dalam safari ramadhan tersebut juga diserahkan bantuan 1 unit mobil operasional desa, 2 unit motor bagi kepala dusun, bantuan BAZ bagi pegawai syara, guru mengaji dan siswa berprestasi, bantuan bedah rumah hingga bantuan alat pertanian. Turut hadir Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Unsur Forkopimda, sekda, Bahri Suli dan seluruh Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu Timur.

Penulis: Zhakral | Editor: Kurniawan

Komentar

News Feed