oleh

Tips Lancarkan Haid Secara Alami

MATARAKYAT_MAKASSAR – Wanita normal akan mengalami haid secara rutin setiap bulannya atau tergantung siklus haid yang ia miliki. Ada siklus yang panjang ada juga yang pendek, siklus normal biasanya sekitar 27 sampai 30 hari sehingga proses menstruasi berlangsung secara teratur.

Namun ada juga wanita yang haidnya tidak teratur, ada yang mengalami menstruasi bisa dua bulan sekali atau bahkan lebih. Apa bila telah lebih dari 35 hari siklus haid yang terjadi maka hal tersebut bukan lah hal normal lagi karena sudah terlalu panjang.

Kondisi kesehatan yang tidak berjalan dengan lancar dan teratur, juga akan sulit untuk menentukan kapan terjadinya ovulasi atau masa subur. sehingga untuk menentukan kehamilan, atau melakukan program hamil secara alami lebih sulit di bandingkan wanita yang memiliki siklus haid yang teratur.

Lantas Apa solusinya?

  • Salah satu cara mengatasi haid tidak teratur yaitu dengan tidak membiarkan diri mengalami stres, yang akan mengganggu hormon dan haid menjadi tidak teratur. Biasanya yang menjadi penyebab haid tidak teratur yaitu stres, maka dari itu anda di anjurkan untuk menghindari sters
  • cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan berolahraga. Dengan Berolahraga aliran darah dalam tubuh anda akan menjadi lebih lancar.
  • Makan makanan yang sehat, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan.
  • Mengatur pola tidur. Istirahat dapat kita lakukan sekitar 7 jam dalam sehari. Dan bila kurang atau lebih, maka akan menimbulkan pusing dan pegal atau sakit pada badan. jarang melakukan istirahat pun pemicu dari Haid Tidak Teratur Pada Wanita.
  • anda juga dapat mengkonsumsi ramuan jamu yang dipercaya dapat melancarkan haid, seperti ramuan kunyit, ramuan daun pepaya, ramuan jeruk nipis, dan lain sebagainya.

Beberapa tips diatas tentunya tidak sulit untuk anda praktekan dalam kegiatan sehari-hari, selain itu ramuan jamu yang anda butuhkan tidak sulit didapat. Dan apa bila telah siklus haid anda telah melewati tiga bulan, ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Editor : Olive

Komentar

News Feed