oleh

Mobil MPLIK Tanggung Jawab Siapa, ini Penjelasan Diskomonfo Lutim

-Daerah-1.024 views

MATARAKYAT_LUTIM – Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) menjadi polemik, pasalnya mobil tersebut kini beralih fungsi.

Hal ini terjadi di kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, tampak mobil ini beroperasi di pasar tradisional Malili yang digunakan waraga untuk berdagang buah langsat, minggu (11/6/17).

Akibat pemandangan tak sedap tersebut, membuat sejumlah masyarakat yang menyaksikan tercenga dan bertanya-tanya,”ini tanggung jawab siapa.”

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Luwu Timur melalui Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Salman mengatakan, perlu diketahui bersama bahwa mobil ini, Mobile-Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) bukan merupakan Aset Pemda atau Dinas Kominfo seperti yang diberitakan, namun merupakan aset Pihak ke 3 yang ditunjuk oleh Kemkominfo dalam pelaksanaan kegiatan USO MPLIK kendaraan Internet dalam Hal Ini PT. Telkom dan beberapa Penyedia Lainya, ungkapnya, minggu (11/06/16) melalui pesan WhatsAppnya.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Daerah Tidak memiliki kewenangan untuk mengatur Kendaraan MPLIK (Mobile-Pelayanan Internet Kecamatan). Dikarenakan, kendaraan MPLIK tersebut sedang dalam sidang sengketa hutang piutang antara Kemkominfo dan penyedia jasa atau pihak ke 3 yang telah berproses pada Badan Arbitrase Nasional (BANI), ujar Salman.

Menurutnya, proyek MPLIK Internet Desa ini sejatinya dipimpin oleh Balai Penyedia Pengelola, Pendaaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI ) yang didirikan pada 2010 dan berada di bawah Kemkominfo, terangnya.

Di jelaskannya, sejak 31 Desember 2014 program tersebut dihentikan atas dasar rekomendasi moratorium seusuai pembahasan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI).

Sengketa Perhitungan penyelesaian hutang piutang antara Kemenkominfo dengan penyedia jasa dilakukan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), sejak 2014 sampai 2016 telah diselesaikannya 47 sengketa kontrak USO yang memiliki kekuatan hukum dan masih ada 33 kontrak yang masih dalam proses, papar Salman.

“Meski Demikian Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur akan mengkoordinasikan permasalahan ini ke seluruh pengelola kendaraan MPLIK yang berada di Daerah ini dengan pihak penyedia, dalam hal ini PT. Telkom dan menembuskan informasi tersebut ke kementerian Kominfo sebagai pemilik kegiatan,”tutupnya.

Peliput: Zhakral | Editor: Red.

Komentar

News Feed