oleh

Kenal Lebih Dekat Rasa Makanan Khas Tana Luwu, Kapurung.

-Kuliner-1.715 views

MATARAKYAT, LUTIM – Sulawesi Selatan memiliki makanan khas terkenal yaitu Coto Makassar. Namun, ada satu makanan khas Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) yang tak kalah sedapnya.

Ya’ dia adalah Kapurung, makanan tersebut merupakan sebuah makanan berkuah dengan rasa sedikit asam namun sangat menyegarkan.

Cara membuatnya cukup mudah, yang perlu disiapkan adalah sagu asli atau tepung sagu yang nantinya akan dilarutkan menggunakan air panas. Setelah sagu tersebut mengental, adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil seukuran bakso.

Makanan ini disajikan dengan kuah berbumbu kacang yang dicampur berbagai macam sayur mayur serta daging ikan yang penuh gizi.

Sementara, sayuran yang biasa digunakan untuk menjadi bahan pendamping Kapurung ini adalah kacang panjang, jagung manis, terong, bayam, dan jantung pisang.

Untuk bahan bumbunya yakni cabai, kemiri, lada, dan bawang putih. Sensasi asam dari kuah Kapurung berasal dari buah patikala. Makanan ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan perasan lemon atau jeruk nipis.

Penulis: Zhakral | Editor: Red.

Komentar

News Feed