oleh

Gagal SBMPTN Pilih PTS Favorit Asal Tetap Kuliah

Gagal SBMPT Pilih PTS Favorit Asal Tetap Kuliah

Hari ini, nasib calon mehasiswa yang menjatuhkan pilihan pada PTN Favorit akan ditentukan.  Dipastikan, puluhan ribu siswa peserta SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sedang merasa was-was menunggu hasil tes yang akan diumumkan hari ini (13/6).

Harapan tinggi untuk bisa diterima di PTN impian pasti telah memuncak difikiran. Mungkin kamu salah satunya? Menghadapi SBMPTN persiapan dan berjeri lelah  sudah kamu lakukan. Mulai dari mengikuti bimbingan belajar, hingga belajar mati-matian mempersiapkan diri. Semua tentunya merupakan proses panjang yang tak mudah.

Hari ini, tentu kamu hanya dihadapkan pada dua jawaban: lulus dan tidak lulus. Jika lulus dan diterima di PTN impian kamu, rasa bahagia yang tak terkira pasti akan memenuhi rongga dada kamu. Bagaimana tidak? Segala usaha dan jerih payah selama ini terbayar sudah dengan diterimanya kamu di kampus pilihan.

Tak sedikit siswa yang langsung drop dan menangis tersedu-sedu menahan pahitnya kegagalan jika mimpi kuliah di PTN ternama. Namun yang harus kamu sadari bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Justru ini merupakan awal dari sesuatu yang baru. dan resapi dalam-dalam Mungkin kamu sudah bosan dan jemu mendengar dua kalimat di atas. Tapi coba diam sejenak maknanya.

Kesampingkan  rasa sedih dan putus asa serta kegalauan dialami dan  berpikir jernih. Gagal di PTN (Perguruan Tinggi Negeri),  bisa coba mendaftarkan diri di PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Ada sangat banyak universitas swasta yang tak kalah kualitasnya dan move on untuk menjadikan alternatif dibanding menganggur kuliah.

Kamu hanya perlu pintar-pintar memilah universitas swasta sesuai dengan lokasi dan fakultas unggulannya. Ini bisa jadi pilihan tepat yang patut kamu coba jika tak ingin buang-buang waktu untuk mengulangi tes SBMPTN tahun depan.

Atau jika kamu masih ngotot dan punya semangat untuk kembali mencoba tahun SBMPTN tahun depan, kamu bisa belajar dari kegagalan yang baru saja kamu alami.

Dibanding terus menangis menyesali diri, lebih baik kamu mempersiapkan diri dengan matang. Pelajari kembali tipe dan jenis soal yang dikeluarkan saat ujian.

Jika gagal di SBMPTN 2017, kamu juga bisa mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2017 alias Jalur Mandiri yang akan digelar pada 8 Juli 2017 mendatang.

Liputan : Sri Rahayuningsi | Editor : Akbar Karca

Komentar

News Feed