oleh

Wawali Makassar “Geledah” Rapormerah.co

MATARAKYAT_MAKASSAR – Disela rutinitas padat dalam bulan Ramadan, Wawali Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal meluangkan waktu “Mengintip” aktifitas jurnalis muda di portal berita  Rapormerah.co. Dalam kongkow-kongkow usai Tarwih (14/6) Deng Ical, panggilan akrab kandidat Wali Kota Makassar ini “menggeledah” redaksi media ciber  ini mulai dari kualitas SDM, proses peliputan hingga produksi.

Deng Ical datang secara mendadak dan disambut secara sederhana beberapa jurnalis rata-rata muda terkecuali Pemimpin Redaksi, Rifai Manangkasi terbilang senior dan berumur. Usai mendapatkan penjelasan profil perusahaan dan proses produksi serta penerimaan portal ini di masyarakat, Wawali Makassar, Syamsul Rizal tak lupa memberikan beberapa pesan dan petuah.

Kepada jurnalis Rapormerah dan diantaranya terdapat mahasiswanya, Deng Ical berharap agar portal ini tetap eksis dan memberi konstribusi berarti pada masyarakat dan pemerintah kota Makassar. “Saya faham jika media ini terkadang membuat telinga panas dalam menyajikan berita namun ciri khas ini harus dijadikan obat mujarab bagi sasaran kritikan,” ujar Ketua PMI Makassar ini. Kritikan itu adalah obat, tambah Deng Ical.

Lanjut petuah Deng Ical berharap, portal berita yang diponggawai jurnalis muda dengan pendidikan formal mumpuni harus tetap menjaga kepercayaan  masyarakat pembaca dan berpihak pada kebenaran. “jangan pernah mau tergoda untuk menyembunyikan keingintahuan masyarakat terhadap segala sesuatu,” jelas Deng Ical lagi.

Sementara Rifai kepada Deng Ical menjelaskan bila media ciber dipimpinnya tidak akan berhenti memberi konstribusi  ke masyarakat dan pemerintah. “Jika ada pejabat sewot dengan berita yang dilansir anak-anak maka jangan dinilai negatif sebab ini adalah gaya mencintai seseorang untuk menegur secara tertulis,” ujar wartawan utama Dewan Pers ini.

Rifai berjanji jika Rapormerah.co akan terus menjaga kepercayaan publik dengan menghindari praktek kontrak berita kepada siapapun dan lembaga mana pun untuk menjaga fungsi pendidikan dan sosial kontrol.  Siapa saja termasuk Deng Ical jika ditakdirkan menjadi Wali Kota akan menjadi sasaran  “Tembak” jika mengkhianati amanah warga, tambah pemegang sertifikat Ahli dari Dewan Pers  ini.

Liputan : Olivia Natalia  |   Editor : Akbar Karca

Komentar

News Feed