oleh

Penerimaan Siswa di Lutra Terapkan Sistem PPDB, ini Alasannya

MATARAKYAT_LUTRA – Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menerapkan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2017/2018.

“Sistem zonasi merupakan langkah baik dalam upaya pemerataan pendidikan. Sehingga tak ada lagi sekolah favorit, dan sekolah yang kekurangan siswa. Semua sekolah sama,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Muhammad Aziz, Kamis (15/6/17).

Sistem zonasi akan membatasi penerimaan siswa, yang memprioritaskan warga sekitar sekolah. Ini dianggap memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah mendapatkan siswa didik dengan kompetensi yang lebih beragam, tidak hanya siswa baru dengan nilai yang baik.

“Sistem zonasi juga meminimalisasi dampak negatif yang mungkin muncul bila anak bersekolah di lokasi yang jauh dari tempat tinggal mereka,” tambah Azis.

Kebijakan zonasi penerimaan siswa telah diatur dalam Permendikbud Nomor 17/2017 tentang PPDB, mengatur bahwa, peserta didik yang mendaftar ke sekolah yang dekat dengan rumahnya, akan mendapatkan peluang dan kuota lebih banyak, ketimbang siswa yang berasal dari zona yang lebih jauh dari sekolah tujuan. Calon siswa hanya bisa mendaftar di sekolah berdasarkan zonanya, dilihat dari alamat Kartu Keluarga.

Penulis: Rama | Editor: Zhakral

Komentar

News Feed