oleh

Tok Tok ! Tambah Cuti Bersama Lebaran 23 Juni Resmi di Tetapkan Pemerintah

MATARAKYAT_JAKARTA – Kabar gembira, Pemerintah resmi menetapkan penambahan cuti bersama lebaran tanggal 23 juni 2017 mendatang.

Hal ini di perkuat Keputusan Presiden RI Nomor 2017 pada 15 Juni 2017.

Dikutip dari beberapa media di antaranya situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (15/6/17),bahwa penetapan cuti bersama tahun 2017 pada tanggal 23, 27, 28, 29 dan 30 Juni 2017 ( Jumat, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat ) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Dalam rangka mewujudkan efektifitas dan efisiensi hari kerja bagi para Aparatur Sipil Negara serta untuk memberikan pedoman bagi seluruh instansi pemerintah dalam pelaksanaan cuti bersama tahun 2017,” demikian keterangan Kemenpan-RB.

Selain itu, dalam keputusan ini dijelaskan bahwa cuti Bersama yang dimaksud dalam Keppres No.18/2017 ini tidak mengurangi hak cuti tahunan bagi para Pegawai Negeri Sipil.

“Terbitnya Keppres ini diharapkan dapat menjadi acuan serta pedoman bagi seluruh instansi pemerintah di Indonesia dalam pelaksanaan cuti bersama”.

Sementara, berdasarkan salinan Kepres nomor 18 tahun 2017 tentang cuti bersama tahun 2017 yang beredar disebutkan Keppres itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, 15 Juni 2017.

Dalam Kepres itu tertulis bahwa pertimbangan cuti bersama berdasarkan pasal 333 ayat 4 peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai negeri Sipil.

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengatakan pihaknya mengajukan libur cuti bersama lebaran lebih dari satu hari untuk mengurai kepadatan saat puncak mudik. Dari dua hari yang diajukan sebagai tambahan cuti bersama, hanya satu hari yang disetujui yakni tanggal 23 Juni.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa mengatakan, cuti bersama tambahan memang diusulkan Polri. Usulan ini diberikan agar tidak terjadi penumpukan pada satu hari sebelum lebaran.

Bahkan menurutnya, Polri mengusulkan agar cuti bersama diberikan sejak Kamis, 22 Juni atau sejak hari H-3. Namun yang hanya disetujui pada tanggal 23 Juni.

“Makin panjang makin bagus sebenarnya, sebenarnya kami mengusulkan dua hari, tapi yang disetujui 23 Juni,” kata Royke.

Dengan semakin banyak hari ibur sebelum lebaran, maka pemudik punya banyak pilihan untuk pulang kampung. Sebaliknya, jika masyarakat hanya diberi pilihan sehari untuk mudik, maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan.

Peliput: * | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed