oleh

7000 ASN Maros Terima Gaji 13. Pertama di Indonesia

MATARAKYAT_MAROS – Pemkab Maros mulai membayar gaji 13 bagi ASN senilai 32 milyar rupiah menyusul gaji ke 14 sebesar Rp 28 milyar. Hanya saja, bagi ASN yang tidak disiplin dan lalai melaksanakan tugas pembayaran ditunda.

Awal pekan ini (15/6) sebelum pembayaran gaji ke 13 hari ini, Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang kembali menggelar inspeksi mendadak terhadap Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkup Pemkab Maros saat upacara, sidak dilakukan karena melihat jumlah ASN yang ikut upacara lebih sedikit dibanding biasanya. Dalam sidak ini, ASN melakukan langsung presensi absensi yang telah ditandatangani pegawai.

Ternyata bupati dua periode ini tidak ingin “Dikadali sebab Hatta Rahman menyebut, sangat gampang melihat kehadiran ASN saat upacara, sebab dari panggung upacara akan terlihat pegawai yang ikut upacara. Jika biasanya padat oleh pegawai namun pagi itu terlihat kurang.

Hasil sidak ini menunjukkan puluhan ASN menitip tanda tangan sehingga dalam presensi dan jumlah pegawai yang ikut upacara tidak sesuai. Bagi mereka yang tidak hadir, diberi sanksi penundaan pembayaran gaji ke -13. Pegawai yang tidak ikut upacara dan pegawai yang menandatangani presensi temannya, maka pembayaran gaji ke-13 akan ditunda. “Saya minta kepada Inspektorat untuk mengecek siapa pegawai yang menandatangi presensi temanya,” ujar Hatta Rahman.

Hari ini, sekisar Rp23,1 miliar telah disiapkan untuk membayarkan THR atau gaji ke-14 bagi 7000-an ASN Pemkab Maros. Pencairan ini dilakukan berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dalam tahun anggaran 2017 kepada ASN.

“Ini komitmen Pemkab Maros untuk membayarkan gaji ke-14 ke ASN. Saat Juknis pembayaran turun, kita langsung bayarkan. Kemarin informasinya Presiden Jokowi sudah tanda tangan peraturan pemerintah tersebut, sehingga hari ini kita langsung bayarkan,” ujarnya.

Dirinya mengklaim Maros sebagai daerah pertama di Sulsel bahkan Indonesia yang melakukan pembayaran THR atau gaji ke-14. Dengan begitu, ASN Pemkab Maros diharapkan semakin meningkatkan kinerjanya.

Tidak hanya gaji ke-14, anggaran gaji ke-13 ASN Pemkab Maros sebesar Rp32 Miliar juga sudah siap dibayarkan, namun akan dibayarkan pada bulan Juli mendatang karena gaji ke-13 ini untuk persiapan anak sekolah memasuki tahun ajaran baru

Liputan : Alfi  |  Editor  : Olive

Komentar

News Feed