oleh

Program 100 Ribu Sapi Gatot Kaca. Antisipasi Impor Daging

Program 100 Ribu Sapi Gatot Kaca. Antisipasi Impor Daging

MATARAKYAT_JAKARTA,- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian merencanakan program 100 ribu ekor sapi Gatot Kaca dengan maksud memperkuat swasembada daging serta mengurangi impor daging. Sebab itu, Kementerian Pertanian akan menambah anggaran menjadi Rp 100 miliar pada tahun depan untuk mengembangbiakkan sapi jenis Gatotkaca.

Anggaran tersebut naik lima kali lipatnya dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp 20 miliar. Penambahan anggaran ini karena pemerintah puas dengan program uji coba sapi Gatotkaca yang merupakan sapi persilangan dengan sapi asal Belgia atau Belgian Blue Cattle melalui teknik inseminasi buatan.

Berdasarkan data, sapi Gatotkaca ini diperkirakan bisa mencapai bobot 1,5-2 ton dalam kurun waktu tiga hingga empat tahun. Bagian sapi ini yang bisa dipotong (karkas) mencapai 80 persen, lebih besar dibandingkan rata-rata sapi lainnya yang hanya 60 persen.

Dalam empat bulan saja, bobot sapi Gatotkaca ini sudah mencapai 161 kg, dengan masa depan daging mencapai 1,5-2 ton. Sapi Gatotkaca juga bisa jadi pilihan pemerintah untuk kebutuhan swasembada daging dan dapat mengurangi impor.

Menurut Meteri Amran Sulaiman, pihaknya akan terus minta promosi untuk sapi Gatotkaca. Kami minta lahirkan 1.000 sapi Gatotkaca, lalu 10 ribu, dan nanti kalau bisa 100 ribu sapi per tahunnya,” ucap dia.

Liputan : Syukur      | Editor  : Olive

Komentar

News Feed