oleh

Atasi Asam Urat Secara Alami

Apa kamu pernah tiba-tiba mengalami rasa sakit pada bagian sendi, terutama pada bagian jempol yang disertai pula dengan pembengkakan? Jika pernah, mungkin kamu telah terserang penyakit asam urat atau nama lainnya Kirai/Gout. 

Penyakit ini muncul karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam ataupun luar persendian. Asam urat hanyalah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Dikutip dari beberapa media, ada beberapa faktor seseorang terkena asam urat, antara lain:

  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Umur dan jenis kelamin: biasanya menyerang para lansia dan berjenis kelamin pria.
  • Seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Misalnya seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan masih banyak lagi.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes
  • Memiliki masalah pada bagian ginjal yang menganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh
  • Berasal dari keluarga yang menderita penyakit asam urat

Cara penanganan asam urat secara alami:

1. Ramuan tradisional cengkeh dan ubi jalar merah

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, dan 200 gram ubi jalar. Caranya yaitu, rebus semua bahan tadi ke dalam 1000 ml air, didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung (dimakan).

2. Daun salam

Bahan-bahannya adalah 10 lbr daun salam dan 2 gelas air. Caranya, rebus 10 lbr daun salam yang sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.

3. Buah pare

Bahannya: 1 buah pare, 2 gelas air. Caranya yaitu dengan membuang biji buah pare, setelah itu cuci bersih buah pare dan potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan pare tadi. Minum secara teratur 1 kali sehari.

4. Campuran daun sosor bebek, cengkeh dan jahe

Bahan-bahan pembuatannya adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lbr daun sosor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, jahe 10 gram, dan 600 ml air. Caranya yaitu rebus semua bahan yang sudah dibersihkan ke dalam 600 ml air bersih, lalu didihkan hingga tersisa 300 ml air. Kemudian saring air rebusan tadi, dan minum ramuannya hingga 3 kali sehari secara teratur. Minum 300 ml air ramuan tadi dibagi 3 kali untuk satu kali minum. Yaitu masing-masing 100 ml air.

Peliput : * | Editor : Olive

Komentar

News Feed