oleh

5 Makanan Sehat Pereda Galau

MATARAKYAT – Galau, stres, unmood, atau depresi ? Tidak hanya wanita yang mengalami hal tersebut, pria pun sering mengalami hal serupa. Beberapa wanita ketika mengalami kegalauan, ia melampiaskannya pada makanan favorit seperti cokelat atau keripik. Padahal, jika anda sungguh ingin menyingkirkan rasa galau, ada makanan lain yang mampu meningkatkan mood.

berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat membantu menghilangkan galau dan meningkatkan mood anda.

1. Ikan

Ikan adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan kepintaran otak manusia. Selain itu, ternyata ikan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Menurut buku The Anxiety Book dari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tidak hanya membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan otak dari hal-hal yang membuat stres.

2. Teh Hijau

Saat sedang stres, pilihlah untuk meminum teh hijau dibanding soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Banyak kandungan di dalam teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata. Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering Jepang, menemukan fakta bahwa kakek nenek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian jauh dari kerabat dan teman.

3. Brokoli

Menyantap sop brokoli ternyata dapat meredakan stres, Alasannya sederhana. Menurut seorang ahli gizi asal India bernama Maithili Kelkar, brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu ,Vitamin B, terutama Folic Acid yang terkandung di dalamnya juga terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

4. Susu

Mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menyimpukan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Namun, mengingat usia sudah tidak lagi muda, pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber magnesium, mineral alami yang berpengaruh pada produksi serotonin, zat kimia otak yang memberi perasaan bahagia. Magnesium juga meningkatkan produksi energi.

 

Penulis : * | Editor : Olive

Komentar

News Feed