oleh

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

MATARAKYAT –¬†Menangis biasa di artikan sebagai luapan dari perasaan seseorang, enah itu menangis karena bahagia, terharu, sedih, bahkan ada yang meluapkan kemarahan nya dengan menangis. Perlu di ketaui bahwa wanita lebih sering menangis dari pada pria, wanita bisa menangis 47 kali dalam setahun, sementara Pria hanya 7 kali.

Saat seseorang sedang menangis, sering kita mencoba untuk membuat orang tersebut berhenti menangis, dengan berbagaimacam cara. tak banyak yang mengetahui bahwa menangis mempunyai manfaat tersendiri, dikutip dari manfaat.co.id berikut adalah manfaat dari menangis.

  1. Mengurangi Stress

Jika seseorang merasa tertekan dan stress, terkadang merasa seperti ada beban yang dialami. Stress sebenarnya juga menghasilkan bahan kimia dan juga hormon di dalam tubuh. Ketika mengalami stress dan kemudian menangis, bahan kimia dan hormon yang tercipta karena stress ini dapat keluar, tidak tertahan di dalam tubuh. Inilah sebabnya, beberapa orang merasa lega ketika sudah menangis. Air mata yang keluar disebabkan karena stress mengandung zat kimia berupa Adrenocorticotrophic dan juga hormon kortisol atau hormon stress. Bahan kimia dan hormon stress tersebut memang harus dikeluarkan dari dalam tubuh agar tidak menyebabkan masalah kesehatan berupa masalah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

  1. Menyeimbangkan Pikiran

Tidak hanya mengeluarkan bahan kimia dan juga hormon, ketika menangis sebenarnya tubuh juga memproduksi zat endorfin,dimana zat ini disebut juga dengan zat bahagia. Zat endorfin yang dihasilkan dari menangis ini dapat menstabilkan pikiran dan menyeimbangkan emosi. Itulah mengapa, dengan menangis, pikiran dan emosi akan lebih seimbang dibandingkan dengan menahan agar tidak menangis. Tidak hanya mengeluarkan bahan kimia dan hormon, serta menghaskan zat endorfin, menangis secara psikologis juga akan membuat jiwa seseorang menjadi lebih tegar dalam menghadapi suatu situasi yang tidak diinginkan.

  1. Mencegah Flu

Penyebab terjadinya flu yakni karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri penyebab flu dapat masuk ke dalam tubuh dari bagian tubuh manapun, termasuk dari mata. Bakteri ini dapat dikeluarkan kembali melalui menangis. Air mata yang disebabkan karena menangis memiliki kandungan zat lisozim fluida dimana zat ini dapat membunuh 95% bakteri dalam beberapa menit saja. Oleh karena itu, menangis dapat membantu mencegah terjadinya flu dengan membunuh bakteri penyebab flu dengan beberapa zat yang terkandung di dalam air mata itu sendiri.

  1. Menyehatkan Mata

Air mata merupakan cairan yang keluar dari mata ketika seseorang sedang menangis. Cairan ini akan keluar dan memiliki manfaat untuk melembabkan mata dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Mata juga dapat menjadi kering apabila kekurangan cairan yang melumasi mata itu sendiri. Kandungan air dalam mata juga akan mempengaruhi kualitas penglihatan. Dengan kadar air dalam mata yang rendah, mata juga akan cenderung susah untuk melihat dan mudah lelah ketika melihat sesuatu dengan fokus dalam beberapa waktu saja. Dengan adanya air mata, penglihatan akan menjadi lebih jernih dan mata dapat terhindar dari masalah mata kering.

Selain menjadikan mata lembab dan penglihatan lebih tajam, menangis juga membantu mengeluarkan debu dan kotoran yang menganggu mata. Kontak langsung antara mata dan lingkungan, tentunya membuat mata terkadang menangkap atau terkena kotoran yang dibawa oleh udara sekitar. Kotoran tersebut dapat menumpuk pada mata. Namun, dengan seseorang menangis, dan air mata yang dikeluarkan mengalir, air mata tersebut dapat membantu mengeluarkan kotoran dan debu dari dalam mata.

  1. Mengeluarkan Zat Tidak Berguna Dari Dalam Tubuh

Di dalam tubuh pastinya banyak sekali zat yang tidak berguna yang sebenarnya harus dikeluarkan, karena jika tubuh menyimpan terlalu banyak zat yang tidak berguna, tubuh malah akan mudah terserang penyakit. Mengeluarkan zat yang tidak berguna tersebut dapat dilakukan dengan menangis. Karena menangis akan membantu proses detox tubuh. Detox sendiri yakni proses mengeluarkan zat yang tidak berguna dan juga mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Tubuh akan mudah menerima zat yang tidak berguna dan beracun, yang disebabkan karena faktor udara, makanan, dan juga emosional. Oleh karena itu, beberapa zat yang tidak berguna yang sudah masuk ke dalam tubuh perlu dikeluarkan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Perasaan dalam diri seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor psikologis saja, namun juga dari faktor biologis manusia. Dalam diri manusia terdapat berbagai kandungan kimia yang dapat mempengaruhi psikologis manusia. Seperti dengan banyaknya kandungan mangan (Mn) dalam tubuh dapat memicu suasana hati seseorang. Kelebihan kandungan mangan ini dapat menyebabkan hati cemas, lelah, perasaan gelisah, mudah marah dan terbawa emosi, serta perasaan yang tidak baik. mengeluarkan mangan dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan menangis. Menangis dapat mengangkut molekul mangan keluar daridalam tubuh. Sehingga, untuk mengurangi kandungan mangan dari dalam tubuh, seseorang dapat menangis, agar suasana hati dapat menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Lebih Dekat Dengan Orang Lain

Dengan menangis, emosi yang ada dari dalam diri dapat diuraikan dan juga mencegah terjadinya hambatan mental dalam diri seseorang. Menangis dapat membantu memecahkan emosi sehingga seseorang dapat lebih terbuka dengan orang lain. Menangis juga dapat mengubah suatu pandangan seseorang terhadap orang lain. Menangis juga lah yang mampu menyatukan seseorang dengan orang lain dengan cara yang tulus. Dengan pecahnya emosi dari dalam diri seseorang, seseorang akan menjadi lebih terbuka terhadap orang lain dan menjadikan seseorang tersebut lebih dekat dengan orang lain.

  1. Meringankan Beban Pikiran

Setiap orang memiliki beban pikiran sendiri sesuai dengan dengan beban dari aktivitasnya masing-masing. Beban dari dalam diri seseorang dapat berasal dari pekerjaan, rumah tangga, lingkungan, dan berbagai beban lainnya. mengurangi beban dapat dilakukan dengan menangis. Menangis memang tidak akan menyelesaikan beban yang dihadapi. Tetapi setidaknya, dengan menangis beban pikiran akan lebih ringan. Baik pria maupun wanita, bagi mereka yang memiliki beban yang begitu berat, mereka akan menangis meskipun tidak diketahui oleh banyak orang. menangis yang dilakukan adalah untu meringankan beban yang sedang dilalui.

  1. Menyeimbangkan Tekanan darah

Adanya berbagai masalah yang tidak diluapkan dari dalam diri, dapat menyebabkan penumpukan beban di dalam tubuh yang lama kelamaan dapat berpengaruh pada tekanan darah seseorang. Terlebih pada pikiran yang yang terlalu penat dan beban pikiran yang terlalu dalam, tekanan darah dapat meningkat dengan cepat.

 

Penulis : * | Editor : Olive

Komentar

News Feed