oleh

Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke

MATARAKYAT – Stroke adalah salah satu penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia dan dengan kecenderungan terus meningkat, ini merupakan data dari Yayasan Stroke Indonesia.

Pernahkan anda berpikir jika tiba – tiba di sekitar anda ada seorang penderita stroke dan kemudian pada saat itu juga penyakitnya kambuh? Tentu saja, hal pertama dan yang cukup penting adalah memposisikan diri anda pada kondisi yang tenang agar bisa berpikir jernih dan tidak panik. Dikutip dari Doktersehat.com Pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu beberapa langkah berikut ini :

• Jangan dipindahkan
Jika anda memindahkan penderita dari tempat asal / tempat semula itu akan membuat kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus dalam otak akan semakin cepat terjadi dan tentunya ini akan beresiko. Cukup bantu penderita mengambil posisi untuk duduk supaya tidak terjatuh lagi.

• Tarik-tarik dan tusuk daun telinga
Apabila mulut penderita terlihat kurang normal, anda mungkin harus mencoba menarik-narik kedua telinga penderita tersebut hingga terlihat agak kemerahan. Kemudian, lakukan 2 kali tusukan pada ujung bawah telinga dengan jarum kecil yang sudah disterilkan sehingga darah menetes 2 kali dari dari masing masing daun telinga. Dalam beberapa menit mulut penderita akan kembali normal.

• Tusuk ujung-ujung jari dengan jarum
Dianjurkan menggunakan jarum suntik. Tetapi jika tidak ada maka anda bisa menggunakan jarum lain yang tidak terlalu besar (ex: jarum jahit, jarum pentul) dan tentunya harus dalam kondisi steril dengan cara dibakar. Titik yang harus ditusuk adalah sekitar 1 mm dari ujung kuku. Usahakan agar setidaknya darah bisa menetes sedikit atau 1 tetes cukup. Jika tidak bisa, tekan jari jari tersebut. Dalam jangka waktu sekitar 10 menit, penderita akan sadar kembali.

• Cari pertolongan medis
saat kondisi penderita mulai pulih kembali, segeralah cari pertolongan medis. Bawalah penderita ke dokter terdekat atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan yang lebih lanjut. Ingat, sebelum 6 jam sejak dihitung sejak serangan, penderita stroke sudah harus mendapat pertolongan medis.

Peliput : * | Editor : Olive

Komentar

News Feed