oleh

Selama Ramadhan Dan Menjelang Idul Fitri BI Sulsel siapkan Rp 5,9 Triliun.

MATARAKYAT_MAKASSAR_ Bank Indonesia menyatakan telah menyiapkan tambahan uang tunai sebesar 14 persen atau setara Rp167 triliun dibulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2017. Angka tersebut meningkat dibandingkan tambahan uang tunai sebesar Rp146 triliun. .

Gubernur Bank Indonesia menyampaikan bahwa selama 10 tahun terakhir rata-rata uang yang diedarkan selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mengalami kenaikan sebesar 14 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan, Ramadan dan Idul Fitri 2017 yang tinggal beberapa hari, BI menyediakan Rp 5,9 triliun. dimana meningkat 50 persen dibandingkan 2016.

“Jumlah ini mencukupi pemenuhan kebutuhan uang kartal di Sulsel, karena tingkat konsumsi selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dipastikan selalu mengalami peningkatan,”  ujarnya.

Dimusim lebaran peredaran uang palsu juga sangat marak di masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut, BI memberikan edukasi kepada masyarakat semua lapisan mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Bukan hanya itu, BI juga bekerjasama dengan pihak perbankan agar pihak perbankan selaku pihak yang berhubungan langsung dengan masyarakat juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ciri-ciri keaslian rupiah.

“Jadi kita selalu melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai ciri-ciri uang rupiah yang asli, dan bukan hanya pihak BI namun juga dari pihak perbankan selalu memberikan sosialisasi,” tuturnya.

BI juga senantiasa menyediakan ahli dalam kasus-kasus uang palsu di Pengadilan dan selalu berkoordinasi dengan pihak penegak hukum mengenai bahayanya uang palsu bagi perekonomian Indonesia.

Selain itu, dalam kegiatan kas keliling ke daerah, petugas kasir BI selalu menyempatkan diri untuk mensosialisasikan ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Peliput : Tenri | Editor: Olivia

Komentar

News Feed