oleh

Lagi Galau ? Coba Baca Ini

MATARAKYATMU – Galau adalah perasaan gundah gulana atau perasaan yang tidak menentu ketika seseorang menghadapi situasi tertentu. Galau bukanlah penyakit fisik, namun saat galau berkepanjangan seseorang akan mengalami tekanan batin dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, hingga besar kemungkinan seseorang tidak lagi memikirkan kesehatan, sekolah atau kepentingan karirnya. Untuk orang yang tidak profesional, menghadapi perasaan galau akan melemahkan mentalnya sehingga menimbulkan perasaan yang malas, minder, salah bergaul, sampai dapat terjadi stres akut.

Galau tidak hanya di alami oleh kaum muda, tak jarang orang tua pun sering mengalami kelagauan. Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus pada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, kecemasan, gangguan panik dan lainnya. Berikut adalah caraa mengatasi kegalauan.

Mendengarkan Musik

Setiap orang punya cara sendiri untuk mendengarkan musik, namun perlu diingat musik akan mempengaruhi suasana hati, dan ada baiknya bila sedang keadaan kalut tidak mendengarkan musik melow atau sedih. Dengarlah musik yang membuat anda lebih semangat, bila anda suka menyanyi keluarkan teriakan anda mengikuti lirik lagu tersebut. Hal ini cukup membuat anda tenang.

Lakukan Kegiatan Positif

Isi hari-hari anda dengan kegiatan positif, misalnya jika anda gemar berolahraga maka berolahragalah. Buat diri anda sibuk, sehingga anda dapat melupakan penyebab kegalauan.

Kegiatan Menyenangkan

Salah satu cara untuk membuat diri anda sibuk, ialah dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama orang-orang sekitar. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama sahahabat, atau keluarga anda. seperti jalan-jalan di mall, nonton, atau nongkrong dikafe.

Berlibur

Salah satu penyebab galau adalah kurang liburan lantaran kegiatan yang terlalu padat. Solusinya adalah, luangkan waktu khusus untuk anda pergi berlibur. Pantai atau daerah pegunungan bisa menjadi pilihan, untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk aktifitas di kota.

Dekatkan Diri Pada Agama

Ambil waktu luang untuk berdoa, dan meminta kekuatan dari Tuhan Yanga Maha Esa. Jika anda seorang muslim, maka ada baiknya anda melaksanakan Sholat Tahajud.

Singkirkan Dan Hadapi

Jika anda galau karena cinta, ada baiknya untuk menyingkirkan kenangan bareng mantan, melupakan memang tidak mudah, namun berusaha menghilangkan hal-hal yang berkaitan dengan mantan akan sedikit membantu hingga perlahan anda benar-benar melupakannya. Jika anda galau dengan kerjaan, ada baiknya hadapi setiap masalah untuk mendapatkan pengalaman.

Kesimpulannya galau bukan keadaan yang perlu dihindari atau ditakuti. Namun tidak juga untuk dicari, masalah akan selalu datang dikehidupan anda dan tidak untuk dihindari. Mengontrol diri adalah salah satu tips ampuh agar anda tetap berfikir jernih.

Penulis : * | Editor : Olive

Komentar

News Feed