oleh

Hasil Sidang Isbat: Besok, 1 Syawal 1438 H.

MATARAKYAT_JAKARTA – Minggu besok, Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah, resmi ditetapkan pemerintah setelah diadakan sidang Isbat, bila hilal sudah terliat.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang memimpin sidang Isbat , menambahkan, dalam sidang ini , ada enam petugas Kementerian Agama yang mengaku telah melihat hilal dalam pantauan mereka. Mereka telah disumpah terkait dengan kesaksiannya itu.

“Hasilnya dalam sidang Isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 H, dan besok kita laksanakan Salat Id,” jelas Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan keterangan pers di Kementerian Agama.

Dalam sidang Isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, serta dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang Isbat berjalan sama prosesnya dengan Ramadhan tahun lalu yang diawali, pukul 17.00 WIB, dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H.

Proses sidang yang berjalan lancar selepas salat Magrib, setelah laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Pentingnya Sidang Isbat , kata Menteri Lukman Hakim Saifuddin. Pasalnya,
agar penetapan ini, agar sebagian besar umat Islam di Indonesia akan melakukan salat Idul Fitri pada Minggu pagi.

Meski demikian, Menag Lukman, mengakui masih ada saja umat Islam lainnya seperti, Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat dan jamaah An Nadzir, Sulawesi Selatan lebih dulu melaksanakan Idul Fitri, Sabtu 24 Juni 2017.

Penulis: Akbar Karca | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed