oleh

Indah Buka Peradah Cup IV Umat Hindu di Desa Sukadamai

-Daerah-1.341 views

MATARAKYAT_LUTRA – Ummat Hindu se Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Peradah Cup IV dengan mengusung tema “bersatu dalam keberagaman budaya, menjunjung tinggi sportifitas dan solidaritas,” yang di pusatkan di Desa Sukadamai, Kabupaten Luwu Utara, pada sabtu 24-26 Juni 2017.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Selain dirinya, turut pula hadir ketua DPP PERADAH Sulsel, I Kadek Wijaya, S.Kep Ners, Ket. PHDI Sulsel Ir. Nyoman Sumarya, Pembimas Hindu Kemenag Prov Sulsel, Drs. Simon kendek paranta, Wakapolres Lutra serta Tokoh agama hindu dari Kabupaten tetangga lainnya.

Di ketahui, dalam kegiatan tersebut, sejumlah cabang olah raga di perlombakan anatara lain, Catur, Sepak Bola, Bola Volly, Sepak Takraw, Tenis Meja dan bulu tangkis, yang di ikuti lima kabupaten/kota yakni, Luwu timur, Kota Palopo, Tanah Toraja, Kota Makassar dan Tuan Rumah Luwu Utara. Dengan tujuan sebagai wujud silaturrahmi antar umat agama hindu juga untuk mempertahankan keutuhan NKRI, hal ini di katakan Kader Mardika selaku Ketua Panitia dalam laporannya.

Sementara itu, Pembimas Hindu Kemenag Prov Sulsel, Drs. Simon kendek paranta menuturkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Luwu Utara yang selalu memberikan dukungan penuh dalam setiap kegiatan keagamaan umat hindu.

“Tidak perlu kita berambisi untuk menjadi juara yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjunjung tinggi persaudaraan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Lutra Indah mengatakan, atas nama Pemda Lutra menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada teman-teman perada baik dari tingkat Kabupaten begitupun dari tingkat Provinsi.

Inti dari kegiatan kita ini bagaimana supaya kita bisa menghidupkan kembali kebersamaan kita dalam keberagaman.Juga melalui kegiatan ini, kita ingin mendeklarasikan meskipun kita berbeda-beda atau beragam tapi kita tetap satu. Meskipun besok kami dari umat muslim akan melaksanakan hari raya idul fitri bukan berarti hari ini kami tidak bisa bersama-sama dengan saudara-saudara umat hindu untuk melaksanakan peradah cup IV ini, ujarnya.

“Jangan takut dengan keterbatasan kita untuk melahirkan sesuatu. Karena Takut itu adalah emosi negatif yang hanya akan membawa kita kepada keburukan. Serta jangan pernah merasa sebagai orang lain di daerah ini, silahkan di nikmati keramahan warga Lutra yang tentunya telah menyambut hangat kedatangan bapak/ibu sekalian”, terang Bu Indah sapaan akrab Bupati Luwu utara kepada Peserta Peradah Cup IV Tahun 2017.

Penulis: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed