oleh

Laksanakan Sholat Id di Masjid Agung Malili, Khatib Serukan Maaf-Maafan

MATARAKYAT_LUTIM – Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahi Ilham, seruan ini di kemundangkan umat Islam di Kabupaten Luwu Timur dalam merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pantauan media ini, berbagai titik umat Islam melangsungkan sholat Id, di antaranya Ibukota Kabupaten Lutim tepatnya kota Malili, minggu (25/06/17) di mesjid Agung.

Di ketahui, karena mesjid tak dapat menampung ribuan umat muslim melaksanakan sholat Id, sejumlah umat islam hanya melangsung sholat di sepanjang jalan seputaran masjid Agung.

Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler, Irwan Bachri Syam dan Ketua DPRD Lutim, Amran Syam serta seluruh kepala OPD serta jajaran Pemkab Lutim turut melaksanakan sholat Id dan isi Prof Dr H Darussalam Syamsuddin MA, Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar yang bertindak selaku khatib.

Menurut Prof Dr H Darussalam Syamsuddin MA dalam khotbah nya mengatakan, apa pun jabatan kita, jangan angkuh, sombong dan lain-lain. Oleh sebab itu dalam kehidupan ini kita butuh imsak untuk menahan diri, ungkapnya.

“Dalam kehidupan ini, sering kali kita lupa Allah, namun ibadah merupakan tali hubungan dengan Tuhan. Maka, pada saat kita mengambil sesuatu yang bukan hak kita, tentu yang terdahulu menjerit dapat yakni fitra kita, yang selama ini menyuarakan kebenaran, itulah pentingnya menanamkan dalam kehidupan fitrah yang artinya menahan diri,” ujar Syamsuddin.

Lanjutnya, di hari Raya ini, perbaiki hubungan mu sesama manusia terlebih-lebih terhadap Allah, ucapnya.

Menurutnya, jika kita sudah sakiti hati istrimu begitu pula sebaliknya, org tuamu, pegawai mu dan tetanggamu meskipun kamu rajin sholat dan lain-lain, pahala mu tentu akan gugur dengan sendirinya, tidak ada gunanya kamu berpuasa ketika dzalim atau menyakiti hati hamba Allah, paparnya.

“Mari kita saling memaaf-maafkan sesama hamba Allah, singkirkan keangkuhan mu. Terkhusus seorang suami mari saling memaafkan dengan istri mu begitu pula sebalik nya,” tutupnya.

Penulis: Zhakral | Editor: Akbar Karca.

Komentar

News Feed