oleh

Pilgub Sulsel Mendatang, NH Serukan ‘Sipakatau’ ‘Sipakalebbi’

MATARAKYAT_MAKASSAR – Perhelatan pesta demokrasi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan, pada 2018 mendatang, tentu menjadi ajang hangat di antara kubu calon satu dengan yang lainnya antara lain, Nurdin Halid, Iksan Yasin Limpo, Rusdi Masse, Nurdin Abdullah dan para bakal calon lainnya yang siap bertarung dalam memperebutkan kursi nomor satu di Sulsel.

Oleh sebab itu para bakal calon nantinya meskipun saling berkompotisi tentu hal itu tak terlepas untuk tetap menjaga adat budaya masyarakat Sulawesi Selatan yakni,’sipakatau’ dan ‘sipakalebbi,’ yang artinya, sikap yang memanusiakan manusia seutuhnya dalam kondisi apapun. Saling menghormati sesama manusia tanpa melihat dia miskin atau kaya atau dalam keadaan apapun.

Sementara sipakalebbi yaitu, sifat manusia yang selalu ingin dihargai. Maka sifat Sipakalebbi ini adalah wujud apresiasi. Sifat yang mampu melihat sisi baik dari orang lain dan memberikan ucapan bertutur kata yang baik atas prestasi yang telah diraihnya. Bertutur kata yang baik antara yang muda dan tua juga termasuk sipakalebbi.

Hal ini di ungkapkan Nurdin Halid (NH) melalui halaman akun Facebooknya, saat usai menghadiri acara open house di Rujab Gubernur Sulsel, yang turut pula di hadiri bakal calon lain yakni Nurdin Abdullah serta di sambut hangat Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada senin (26/06/17) kemarin.

Dalam tulisan statusnya mengatakan,menghadiri undangan acara open house di Rujab Gubernur, Sulawesi Selatan. Saya bertemu dengan Bapak Gubernur Syahrul YL, beliau adalah sahabat saya, dulu kami sama-sama di Golkar Sulsel. Beberapa Kepala Daerah juga hadir, termasuk Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, ungkapnya.

“Saya dan Bapak Nurdin Abdullah sama-sama Calon Gubernur Sulsel 2018 – 2023. Kami berdua tentunya sama – sama punya tujuan untuk menjadikan Sulsel lebih baik lagi,” ucapnya.

Menurutnya, dalam kompetisi demokrasi, saya mengutamakan sikap saling menghormati dan tetap menjaga adat budaya masyarakat Sulawesi Selatan. Meskipun nanti kami akan saling berkompetisi, namun silaturahmi yang baik tetap harus terjaga, karena kepentingan rakyat sulsel diatas segalanya. Itulah pengamalan adat budaya ‘sipakatau’ ‘sipakalebbi’ yang menjadi ciri khas masyarakat Sulsel yang harus selalu tercermin dalam tingkah laku keseharian kita, ujarnya.

Di akhir tulisannya mengatakan, kita berharap ke depan, momentum demokrasi tahun 2018 bisa berjalan damai dan sesuai harapan masyarakat agar lahir Pemimpin daerah yang mampu melayani dan mengayomi masyarakat sekaligus mampu menjadikan Sulawesi Selatan lebih baik lagi.

#samasamaki #bangunkampung #sulselbaru #NHAQM.

Dalam tulisan tersebut, sebanyak 544 orang melihat dan 61 orang berkomentar. Di antaranya, Amar Abdullah mengomentari, NH Hebat mantap hebat, Maju terus insya jadi no1 di Sul sel, sementara komentar lainnya yakni, Arz Hart mengatakan, itulah politik, segala cara yang dilakukan demi untuk menggapai kepentingan sendiri, berbedah pendapat atau pandangan boleh bedah tapi jangan dendam dan simpan di hati tapi harus kita rangkal berpelukan demi menjaga persahabatan dan persaudaraan.

NH berpose bersama Nurdin Abdullah yang menggunakan kacamata dan memakai kemeja batik berwarnah ungu selaku Bupati Bantaeng yang juga bakal calon Gubernur mendatang, yang sama-sama menghadiri acara open house di rumah gubernur.

Penulis: Zhakral | Editor Akbar Karca.

Komentar

News Feed