oleh

Bupati Lutra dan Lutim Ke Jepang, ini Tujuannya

MATARAKYATMU.COM – Bupati Luwu Utara, Indah putri Indriani, di jadwalkan akan berangkat ke Jepang, Sabtu (01/07/17) hari ini.

Kunjungan Indah ke Jepang kali ini merupakan upaya Pemerintah Daerah terkait pengembangan kampung sagu yang ada di kabupaten Luwu Utara. Pasalnya, Luwu Utara merupakan salah satu dari empat Kabupaten dan Kota di Tana Luwu telah sepakat bersama untuk berbagi peran dalam rangka pengembangan tanaman sagu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Luwu Utara, Suryadi Djafar mengatakan, Bupati ke Jepang sebagai tindak lanjut pembahasan pengembangan kampung sagu yang sudah gencar dibahas sebelumnya bersama salah satu Prof yaitu Mr. Ozho dari Jepang

“Hari ini, Bupati di agendakan berangkat ke Jepang, nanti di Jepang beliau (Bupati Luwu Utara-red) Akan memaparkan potensi pengelolaan kampung sagu yang ada di kabupaten Luwu Utara,” kata Suryadi di temui di Warkop teras Adira Masamba.

Sementara itu, Bupati Perempuan pertama di Sulsel ini yang di temui sebelum berangkat di halaman rumah jabatannya mengatakan, bahwa kita (Kabupaten Luwu Utara) di undang langsung oleh (Japan Internasional Coorperation Agency (JICA) untuk ke Jepang dalam rangka membahas keseriusan dalam pengembangan kampung sagu,” tutur Indah.

Di tambahkannya, bahwa selain membahas kampung sagu, di Negara yang di kenal dengan sebutan Negara tirai bambu tersebut dia juga akan belajar kira-kira program apa yang dapat di jadikan sebagai inovasi untuk mengembangkan daerah kita ini,” jelas indah.

Hal serupa pun di lakukan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, yang di kabarkan berangkat hari ini ke Jepang, dengan tujuan yang sama Bupati Lutra.

Hal ini di benarkan, Kepala Bagian Humas dan Protokol Luwu Timur, Alimuddin Bachtiar mengatakan, Bupati ke Jepang sebagai tindak lanjut pembahasan industri sagu yang sudah dibahas sebelumnya di Kota Palopo bersama profesor asal Jepang, bebernya.

Menurut Ali, Bupati Husler ke Jepang dengan pembiayaan dari pihak Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) yang merupakan sponsor pengembangan industri sagu di Luwu Raya, tanpa menggunakan APBD, ujar Alimuddin kepada Matarakyatmu.com, via telepon genggamnya, sabtu (01/07)

Kata Ali, JICA sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan Negara-Negara berkembang.

“Beliau (Husler-red) berangkat hari ini, dan Insya Allah kembali ke tanah air tanggal 09 juli 2017 mendatang,” tutupnya.

Liputan: Rama/Zhakral | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed