oleh

157 JCH Luwu Timur Ikuti Bimbingan Manasik Haji

-Daerah-1.422 views

MATARAKYAT_LUTIM – Sebanyak 157 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten luwu timut mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tahun 2017, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Rabu (05/07/17).

Mereka berasal dari 11 Kecamatan di daerah Kabupaten Luwu Timur.

proses pelaksanaan manasik haji terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat pertama kabupaten sebanyak dua kali dan tingkat kedua, kecamatan sebanyak 8 kali dan dibagi menjadi 3 zona yaitu zona 1 Malili dan Angkona, zona 2 Towuti, Wasuponda dan Nuha dan zona ke 3 Burau, Wotu, Tomoni, Kalaena, Tomoni Timur dan Mangkutana.

“Kegiatan manasik seperti ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah haji. Dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada para jamaah calon haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah,” kata Sekda Luwu Timur, Bahri Suli saat membuka acara.

Pengetahuan dan wawasan tersebut, kata Bahri baik pengetahuan tentang ibadah haji maupun bimbingan dalam perjalanan, sehingga diharapkan ibadah yang dilaksanakan sah, benar dan sempurna berdasarkan ketentuan syariat serta tertib, aman dan lancar di perjalanan.

Bahri Suli mengatakan mengerjakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, di samping sebagai ibadah haji kepada Allah SWT, juga para jamaah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan haji ini.

“Dalam melaksanakan ibadah haji nanti kami juga mengharapkan kepada semua jamaah calon haji untuk memperhatikan lima tertib yaitu tertib ibadah, tertib kesehatan, tertib makanan dan kesehatan, tertib istirahat dan tertib barang,” tambahnya

Bahri Suli percaya, jamaah calon haji yang hadir pada saat kegiatan ini, cita-citanya ingin menjadi haji yang mabrur, haji yang diterima Allah SWT.

Sementara Ketua Panitia bimbingan manasik haji, Nurlela mengatakan kegiatan manasik tingkat Kabupaten ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan yaitu Rabu, 05 Juli 2017 dan Sabtu,08 juli 2017 di Aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Luwu Timur.

Liputan: Febi/hms | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed