oleh

Tes Narokoba Bagi Siswa Baru Dihentikan Sementara, ini Penjelasan Wabup Irwan

MATARAKYAT_LUTIM – Beredar informasi terkait biaya sebesar Rp 150 ribu, untuk mendapatkan surat keterangan bebas narkoba di RSU I Lagaligo Wotu, Kabupaten Luwu Timur,bagi siswa baru untuk masuk ke SMA dan SMK.

Hal tersebut, pemerintah daerah dalam hal ini Wakil Bupati Lutim, Irwan Bachri Syam, mengintruksikan kepada pihak Rumah Sakit dan Polres Lutim untuk menghentikan sementara hingga di keluarkan juknis terkait hal tersebut.

Sementara itu, pemerintah Daerah akan mengambil langkah kongkrit terkait hal ini, semua siswa yang di nyatakan lulus,pihak Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Lutim serta terkait, akan berlakukan sistem jemput bola. Yakni, siswa yang di nyatakan lulus akan lakukan tes urine di sekolah masing-masing, sekaligus diberikan surat keterangan bebas narkoba secara gratis.

“Kita sudah hentikan sementara, ini persoalan komunikasi, saya tidak tahu dari mana informasi yang di dapat calon siswa baru, hingga tiba-tiba pihak rumah sakit lakukan hal ini, jadi saya himbau agar menghentikan aktivitas tersebut, jangan ada pungutan dalam bentuk apa pun, maka calon siswa tidak lagi ke RS maupun ke Polres, nanti kami datangi siswa yang di nyatakan lulus di sekolah masing-masing sekaligus di berikan surat keterangan ini secara gratis,” tandas Wabup Irwan juga sekaligus Ketua BNK Luwu Timur kepada Matarakyarmu.com, rabu (05/07/17).

Lanjutnya, sebentar sore kami akan undang seluruh kepala sekolah SMA dan SMK se Lutim, kepala Dinas Pendidikan, Kepala UPTD Sulsel Pendidikan, pihak RSU I Lagaligo dan Polres Lutim, untuk membahas hal ini, sekaligus melahirkan petunjuk teknis (Juknis) terkait hal ini, tutupnya.

Liputan: Zhakral | Editor: Akbar Karca.

Komentar

News Feed