oleh

Oprasional Tambang Pasir Laut Demonstratif, Warga Demo Gubernur Sulsel

MATARAKYATMU_MAKASSAR – Aliansi Masyarakat Tolak Tambang Pasir Laut Galesong-Sanrobone mendatangi Kantor Gubernur Sulawesi Selatan Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Kamis (6/7/2017).

Kedatangan warga Takalar ke Kantor Gubernur Sulsel untuk menyampaikan aspirasinya terkait penolakan penambangan pasir laut di perairan Galesong dan Sanrobone yang dilakukan oleh PT Yasmin selaku pemegang ijin penambangan pasir laut.

Warga Galesong dan Sanrobone diterima oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Sulsel yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hasbi Hasan bersama Kepala Dinas ESDM, Gunawan Palaguna.

Kepala Desa Aeng Batu-batu Galesong Utara Wahyudin Mapparenta dalam orasinya mengatakan, aktivitas penambangan pasir laut bisa menimbulkan dampak buruk terhadap kondisi alam yang ada di wilayah Galesong dan Sanrobone

“Dua wilayah ini adalah pemukiman ratusan ribu warga yang dominan yang mengangtungkan hidupnya dengan mata pencarian nelayan,” tegasnya.

Lebih lanjutnya, apabila masih dilakukan penambangan pasir laut tetap dilanjutkan, kemungkinan terburuknya menimbulkan abrasi di wilayah pesisir pantai Galesong dan Sanrobone.

“Dari dampak itu, berkurangnya tingkat pendapatan dan penghasilan nelayan. Karena kekeruhan air laut yang meningkat. Serta kondisi lainnya yang merugikan seperti kerusakan terumbu karang,” lanjutnya.

Olehnya itu, masyarakat, meminta Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk segera mencabut izin operasional penambagan pasir laut yang ada di wilayah tersebut.

Sementara itu,  Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulsel Andi Hasbi yang menemui massa aksi, mengatakan, akan segera melakukan pencabutan apabila tak sesuai dengan Amdalnya.

“Semua ijin yang tak sesuai dengan prosedur maka akan dicabut. Semua ijin yang kita keluarkan memenuhi syarat. Tapi bila hasil penelitian tidak ditemukan. Apa betul yang di tuduhkan. Maka kita tidak bisa mencabut,” singkatnya saat menyambut massa aksi.

Setelah mendengar penjelasan tersebut, kemudian masyarakat Galesong dan Sanrobone menuju Kantor DPRD Provinsi Sulsel untuk kembali menyuarakan aspirasinya.

 

Liputan : Ilham | Editor : Liv

Komentar

News Feed