oleh

Cegah Kanker Seviks Sejak Dini

MATARAKYATMU – Belum lama dunia hiburan tanah air berduka, lantaran kehilangan seorang pedangdut sekaligus pelawak yakni Yulia Rahmawati atau Jupe. Wanita kahiran Jakarta 15 juni 1980 ini, meninggal setelah sekian lama bertarung melawan kanker serviks yang ia derita.

Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim, merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti kaum wanita.  Human papilloma Virus (HPV) adalah salah satu penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin C dan vitamin E serta kurangnya asupan asam folat. Berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan juga dapat menularkan penyakit ini. Lantas apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari kanker Serviks.

Hindari kontak dengan human papilloma virus (HPV)

Karena HPV merupakan penyebab utama kanker serviks, menghindari paparan HPV bisa membantu Anda mencegah penyakit ini. HPV ditularkan dari satu orang ke orang lain dengan cara kontak dengan kulit yang terinfeksi ke kulit dengan daerah yang terinfeksi. HPV juga dapat menyebar lewat hubungan seks – termasuk vaginal, anal, dan oral.

Vaksinasi

Vaksin HPV berguna untuk mencegah infeksi HPV tetapi tidak lmengobati infeksi yang sudah ada. Itu sebabnya, vaksin HPV harus diberikan sebelum seseorang terkena HPV.

Rekomendasi American Cancer Society, vaksinasi HPV rutin untuk anak perempuan dan anak laki-laki harus dimulai pada usia 11 atau 12. Seri vaksinasi bisa dimulai sejak usia 9.

Gunakan kondom

Kondom memberikan perlindungan terhadap HPV tetapi tidak 100 persen mencegah infeksi. Beberapa penelitian mengatakqn, menggunakan kondom dengan benar setiap kali Anda melakukan hubungan seks, dapat menurunkan tingkat infeksi HPV sekitar 70 persen.

Pola Hidup Sehat

Jaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi, hilangkan kebiasaan merokok.

Liputan : * | Editor : Liv

Komentar

News Feed