oleh

Benahi Sektor Air Bersih dan Sanitasi. Ini Pemkab Barru Lakukan?

MATARAKYAT_BARRU – Dalam rangka acara Visioning Workshop, Pemerintah Kabupaten Barru kerjasama dengan usaid Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) plus  program pembangunan sektor air minum, sanitasi dan higieni, yang digelar di Aula colliq pujie kantor Bupati Barru, kamis (13/07).

Dari hasil pantauan Matarakyatmu.com nampa PLT. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si membuka acara Visioning Workshop yang digelar di Aula Colliq pujie kantor Bupati Barru dimana merupakan salah satu percepatan pembangunan sektor air minum dan sanitasi merupakan kegiatan pembangunan yang harus diprioritaskan karena pembangunan tersebut merupakan kebutuhan dasar bagi setiap masyarakat sehingga wajib dan harus dipenuhi.

Membangun komitmen melalui visi dalam pencapaian layanan wash menuju SDGS (Sustainable Development Goals) “terwujudnya pelayanan air minum dan sanitasi sehat yang berkelanjutan menuju Kabupaten Barru yang sejahtera merupakan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Barru dalam mendukung program ini .” ujar Suardi Saleh.

Adapun turut hadir dalam acara ini, Perwakilan Usaid IUWASH Plus National Bapak Budi Raharjo (Nasional Governance Koordinator), dan Kepala Bappeda Ir. H. Nahruddin. Suardi Saleh pada acara ini melakukan penandatanganan sekaligus penyerahan pernyataan bersama pencapaian akses universal 2019 dan pencapaian SDGS 2030.

Didalam naskah tujuan global dinyatakan bahwa Air bersih dan sanitasi menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua orang. tambahnya Suardi Saleh.

Strategi dan kebijakan Pemerintah Kab. Barru yang terkait air minum dan sanitasi adalah RPJPD tahun 2005-2025 yaitu mewujudkan manusia yang berkualitas, kemudian RPJMD tahun 2016-2021 yaitu meningkatkan kecerdasan dan profesionalisme, dan RPJMD 2016-2021 angka harapan hidup sebesar 68,01 pada tahun 2021 maka ditetapkan Program Pembangunan Daerah yaitu Program pengembangan lingkungan sehat.

” berharap agar upaya yang kita lakukan bersama bisa membuahkan hasil yang optimal dan membawa manfaat bagi masyarakat luas dan masyarakat Kab. Barru secara khusus terutama bagi para OPD pendukung agar dapat bekerjasama untuk mensukseskan program ini. ” tukas Suardi Saleh.

Suardi saleh juga mengucapkan banyak terima kasih kepada IUWASH Plus Usaid yang telah memilih Kab. Barru menjadi salah satu Kabupaten/Kota di Sulsel yang akan mendapatkan fasilitas program IUWASH Plush selama 5 tahun yakni 2016-2021 mudah-mudahan program ini dapat membantu dan mendukung program pemerintah Kab. Barru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang air bersih, sanitasi, dan prilaku hidup sehat.

Liputan : Tajuddin Nudju  |  Editor : Akbar Karca

Komentar

News Feed