oleh

Menunjang Kinerja Birokrat, Kominfo Lutim Launching Aplikasi SiMAYA

MATARAKYAT_LUTIM – Menindaklanjuti Surat Edaran Menpan RB Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada instansi pemerintahan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Luwu Timur melaunching aplikasi e-Office Simaya.

Launching aplikasi berbasis cloud computing atau terkoneksi secara global melalui jaringan internet ini dipimpin Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, Amran Aminuddin, dan secara resmi dilaunching Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Lutim, Aini Endis Anrika di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Luwu Timur, Juma’at (14/07/17).

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Luwu Timur, Aini Endis Anrika memberikan apresiasi atas dilaunchingnya aplikasi Simaya yang menjadi proyek perubahan Kabid Aplikasi Informatika, Agus Thobrani. Menurutnya aplikasi ini akan sangat menunjang kinerja birokrat.

“Apliksi ini akan mendukung kinerja dan meningkatkan efisiensi serta memberi kemudahan dalam tata naskah dinas,” kata Aini saat melaunching apikasi Simaya.

Sementara itu, Kabid Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, Agus Thobrani mengatakan, dengan aplikasi ini manajemen persuratan yang biasanya dilakukan secara manual dapat dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan dalam proses administrasinya, pencarian dan pengarsipan.

Aplikasi e-Office SiMaya selain dapat digunakan pada PC, dan laptop juga dapat digunakan pada smartphone dan tablet, sehingga akan sangat membantu pejabat atau pengguna aplikasi dalam menerima surat atau disposisi surat secara realtime kapan dan dimana saja mereka berada.

“Aplikasi Simaya dapat didownload di play store lalu diinstall pada smartphone masing-masing, namun pembuatan akun melalui Dinas Kominfo Luwu Timur,” ungkap Agus saat memaparkan aplikasi Simaya.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud computing, pengguna tidak perlu lagi menyediakan infrastruktur sendiri-sendiri mulai dari data center sampai aplikasi dekstop untuk menjalankan suatu sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi yang lengkap. Hal ini dapat diwujudkan dengan penggunaan secara bersama pusat data atau data center yang bertebaran melalui internet.

Liputan: Kominfo | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed