oleh

9 SMP di Torut Terima Bantuan Rehab Bangunan Dari Kemendikbud

MATARAKYAT_TORUT – Keseriusan Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memperhatikan pendidikan saat ini tentu dirasakan oleh beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Toraja Utara.

Pasalnya, tak tanggung-tanggung tahun ini Kemendikbud menguncurkan anggaran milyaran, untuk rehabilitasi bagunan sekolah.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 9 SMP menerima bantuan yakni, SMPN 1 Rantepao, SMPN 1 Nanggala, SMPN 2 Nanggala, SMPN 1 Buntupepasan, SMPN 2 Buntupepasan, SMPN 1 Sesean Suloara, SMPN 1 Baruppu, SMPN 1 Sopai dan SMPN 2 Balusu.

Menurut Abd. Said Gafar, selaku Ketua Panitia Pelaksana rehabilitasi SMPN 1 Rantepao mengatakan, dari 9 sekolah tersebut, besaran anggaran yang ditelan perpariasi berdasarkan tingkat kerusakan serta jumlah bengunan yang dilaporkan secara online ke Kementrian, ungkapnya, kepada Matarakyatmu.com, Sabtu (15/07/17).

“Kalau SMPN 1 Rantepao, memperoleh anggaran sebesar Rp 1.125.000.000,- yang diperuntukkan rehab ruangan kelas, kantor, kantin, serta MCK,” kata said.

Menurutnya, saat ini proses pelaksanaan pekerjaan sudah mencapai 40% yang dimulai dari akhir bulan Juni 2017 kemarin, dengan jangka waktu pekerjaan selama 120 hari kalender, ujarnya.

Senada dari itu, Kepsek SMPN 1 Rantepao, A.T. Palamba selaku penanggung jawab kepanitiaan rehabilitasi bangunan menjelaskan, bahwa bantuan rehabilitasi bangunan ini bersumber Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dikelola secara Swakelola berdasarkan petunjuk dari kementrian, terangnya.

Dimana program ini kata Palamba, dilaksanakan oleh panitia pelaksana rehabilitasi sekolah yang susunan kepanitiaannya dipilih dari unsur kepala sekolah, bendahara sekolah, tata usaha, guru tetap, orang tua atau Wali Murid dan tokoh masyarakat, kuncinya.

Liputan: Widian | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed