oleh

Mentri Kominfo RI Resmikan Bantuan Sarana Akses Internet Sekolah di Torut

MATARAKYAT_TORUT – Mentri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, bertandang di Kabupaten Toraja Utara, dalam rangka meresmikan sarana akses jaringan internet siap pakai dilima sekolah menengah pertama di Torut, senin (17/07/17).

Diketahui, kelima sekolah yang menerima bantuan ini yakni, SMPN 1 Sanggalangi, SMPN 2 Sanggalangi satap SMPN Rama Talpen, SMPN 1 Buntao dan SMN 1 Rantebua.

Dalam sambutannya, Menkominfo RI, Rudiantara mengatakan, untuk memajukan pendidikan tentunya dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari sekarang, dengan memberikan pengetahuan teknologi berbasis komputer dan internet dalam mengakses informasi pengetahuan dilingkup pendidikan, ujarnya.

Lanjutnya, pemerintah merencanakan mulai tahun 2019 tidak ada lagi kota/kabupaten yang tidak dijangkau layanan akses internet hingga ke pelosok, kita akan mulai dengan jangkauan satelit dengan meningkatkan kapasitas yang ada. Sehingga, di tahun 2021 diharapkan tidak ada lagi masyarakat di Indonesia yang tidak terhubung ke internet, ujarnya.

“Kita juga siapkan sistem security bagi layanan internet guna mengamankan situs negatif dan langsung memblacklist situs negatif tersebut,” katanya.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Kala’ Tiku Paembonan dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mentri Kominfo RI.

Dikatakannya, kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Menkominfo atas bantuan sarana akses internet untuk 5 SMP di Toraja Utara, sehingga dengan adanya bantuan ini, pendidikan di Toraja Utara dapat meningkat secara khusus di pengetahuan informasi berbasis komputer dan internet, ketusnya.

Terpisah, Kadis Pendidikan Torut, DT Rantetasak, saat ditemi ditempat kegiatan menuturkan terima kasih akan bantuan sarana akses internet ini.

Menurutnya, tahun ajaran lalu, hanya 2 SMP yang bisa ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memiliki jaringan internet dan adanya bantuan ini terhadap 5 SMP maka tahun ajaran ini sudah ada 24 SMP yang bisa melaksanakan UNBK dari 78 SMP di Toraja Utara.

Kunjungan tersebut, selain Mentri Kominfo bersama istri juga didampingi Danny Januar selaku Direktur Ekosistem BP3TI Kominfo, Fadilla Matar Direktur umum BP3TI Kominfo, Eksekutif Vice President PT. Telkom Indonesia divisi Goverment Service, dan Managing Direktor Telkom Metrasat.

Liputan: Widian | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed