oleh

Dinas Satpol PP dan Damkar Lutra Canangkan Gerakan Masuk Kampung

-Daerah-1.002 views

MATARAKYAT_LUTRA – Dinas Satpol PP dan Damkar Luwu Utara tengah mencanangkan gerakan Satpol PP Masuk Kampung.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP, Asfar saat memimpin rapat pencanangan gerakan di ruang rapat Wakil Bupati, Kamis (20/7/2017).

“Gerakan ini merupakan gerakan ketentraman, keamanan, ketertiban, dan perlindungan (trantibun) dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang akan disebut Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat),” ujarnya.

Lanjut Asfar, bahwa Satlinmas ini bertujuan untuk mewujudkan nawacita Jokowi-JK yang pertama yaitu menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

“Juga misi Bupati-Wakil Bupati terpilih point ke 7 yakni mewujudkan ketertiban umum, keamanan yang kondusif, dan perlindungan masyarakat,” terang Asfar.

Rencananya, anggota Satlinmas akan direkrut langsung oleh kepala Desa/Lurah dan dilakukan secara sukarela dan terbuka.

“Keanggotaannya ditetapkan dengan keputusan Bupati dan akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kasatpol PP,” pungkas Asfar.

Adapun tugas satlinmas yaitu membantu dalam penanggulangan bencana, keamanan dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial, penanganan ketentraman, ketertiban dalam penyelenggaraan pemilu, juga membantu upaya pertahanan Negara.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Luwu Utara, Bidang Pembangunan SDM dan Kemasyarakatan, Jumail Mappile, berharap program Satpol PP Masuk Kampung dapat segera direalisasikan.

Selain itu, ia menekankan perlunya pemberdayaan fungsi Linmas, agar dapat berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara umum.

“Hilangkan distorsi tupoksi Linmas, yang hanya hadir saat ajang Pemilu, Pilkades dan hajatan lainnya,” pintanya.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed