oleh

Liburan Ke Manado, Wajib Coba Kuliner Berikut Ini

MATARAKYAT_MANADO – Setiap daerah memiliki kuliner khas masing – masing, sama halnya dengan kota Manado, Sulawesi Utara. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah dan tidak mencoba kuliner khas daerah tersebut.

Bagi para pecinta kuliner yang sedang berlibur atau merencanakan untuk liburan di kota dengan semboyan “Si Tou Timou Tumou Tou” yang artinya “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain”, wajib untuk mencoba kuliner berikut ini.

Sumber Gambar Google

1. Tinutuan (Bubur Manado)

Bubur berbahan dasar beras ditambah umbi – umbian dan sayur – sayuran sebagai pelengkap, menjadi menu pertama yang wajib anda coba jika sedang berada Manado. Akan lebih nikmat jika ditambah tahu dan dabu-dabu tumis khas  Minahasa. Bubur Manado biasanya dijual dengan harga Rp 12.000,- /piring.

Ikan cakalang yang baru selesai diasapi

2. Cakalang Fufu

Cakalang adalah salah satu ikan endemik perairan Manado, makanya jangan heran bila anda jarang menemukan ikan ini di perairan lain Indonesia. Ikan cakalang yang telah ditangkap biasanya diasapkan terlebih dahulu,  sebelum diolah menjadi masakan lain. Harga cakalang fufu berfariasi sesuai ukuran ikan, mulai dari Rp 35.000,- hingga Rp 65.000,-.

3. Sambal Ikan Roa

Ikan roa merupakan salah satu jenis ikan terbang, saat disentuh ikan iki memang terasa keras. Namun saat telah diolah menjadi abon atau sambal ikan roa, akan sangat nikmat. Sambal ikan roa juga bisa menjadi pendamping bubur Manado. Sambal ikan roa bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, biasanya per toples dihargai Rp 45.000,- hingga Rp 65.000,-.

4. Dodol Amurang

Bukan hanya kota Garut yang terkenal dengan dodolnya, Manado pun punya dodol khas yaitu dodol Amurang. Dodol Amurang banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol ini terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang, dan kayu manis. Dodol selalu disajikan saat ada acara syukuran masyarakat amurang. Biasanya dodol dijual dengam harga mulai Rp.500,- hingga Rp. 5.000,-.

5. Klappertaart

Klappertaart merupakan salah satu kue khas Belanda, yang diadopsi oleh masyarakat tanah Minahasa. Klappertaart mempunyai arti cake kelapa atau tart kelapa. Kue ini ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Harga klapertaart berkisar antara Rp 15.000,- hingga Rp 60.000,- tergantung dari ukuran.

6. Gohu

Gohu bisa dikatakan sebagai rujaknya Manado yang terbuat dari irisan buah pepaya direndam dalam air campuran asam cuka, garam, gula, cabe, dan jahe. Rasa manis, pedas, dan asam bercampur jadi satu. Membuat lidah semakin bergoyang. Harga perporsi Gohu mulai Rp 5.000,- hingga Rp 7.000,-

7. Nasi Kuning Manado

Setiap daerah memang memiliki nasikuning, namun ada yang berbeda dengan nasikuning khas Manado. Disini nasi kuning dibungkus dengan daun woka, bila dilihat bentuknya seperti dodol raksasa. Setelah dibuka isinya adalah nasi kuning dilengkapi dengan abon ikan cakalang, dabu-dabu roa, dan pelengkap lainnya. Harga nasi kuning Manado Rp 10.000,-/ porsinya.

8. Pangi Ikan Mas

Orang Manado menyebutnya “Daun Pangi” namun masyarakat luar Minahasa lebih mengenalnya dengan sebutan Daun Kluak. Daun pangi biasanya dimasak dalam bambu, disandingkan dengan daging babi. Namun ada juga pangi ikan mas, tentu saja rasanya tidak kalah nikmat. Bagi para pecinta kuliner yang akan mencoba masakan daun pagi, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu tentang menu pangi yang disajikan. Apakah pangi ikan mas atau pangi daging babi, harga perporsi pangi ikan mas Rp 15.000,-.

9. Nasi Jaha

Kalau makanan khas Manado yang satu ini termasuk kuliner yang mudah ditemukan di Manado, hampir semua rumah makan pasti ada menyediakan menu kuliner khas yang terkenal enak ini. Cara masaknya terbilang unik yaitu beras dan ketan yang dimasukan kedalam bambu, ditambah santan kelapa dan sedikit rempah – rempah, kemudian dibakar sampai beras di dalam bambu tersebut matang. Nasi Jaha ini wajib dicicipi bila menyambangi kota Manado. Per ruas bambu nasi jaha dihargai Rp 35.000,-.

Liputan : Liv | Editor : Akbar

Komentar

News Feed