oleh

Tangani Masalah Kemacetan Jakarta-Cikampek, BPTJ Siapkan Beberapa Opsi

MATARAKYATMU.COM JAKARTA  – Kemacetan Jakarta-Cikampek yang ada saat ini sudah menjadi momok bagi para pengguna jalan dan pengguna jasa angkutan umum.

Menyikapi masalah tersebut BPTJ akan melakukan langkah penanganan dengan menawarkan beberapa opsi rencana aksi untuk meminimalisir kemacetan yang terjadi.

Rencana aksi yang akan dilakukan diantaranya adalah penyiapan alternatif rute kendaraan peibadi dan angkutan umum, pembatasan operasional angkutan barang, pembatasan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap, pengembangan High Occupancy Vehicle (HOV) Lane, sinkronisasi jadwal kegiatan proyek LRT, Elevated Toll dan HST dan pengawasan dinamis lalu lintas jalan arteri.

Saat ini kondisi kemacetan yang ada di Jakarta-Cikampek sudah semakin parah, baik di jalan tol maupun jalan alteri.

Masalah kemacetan ini bukan hanya menjadi permasalahan bagi Jasa Marga, BPJT ataupun KORLANTAS saja melainkan juga BPTJ.

Terkait hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginstruksikan kapada Plt. Kepala BPTJ untuk segera membatu mengatasi kemacetan di Jakarta-Cikampek. “ pak Menhub sudah minta ke Kami untuk melakukan penangana, dan olehnya kami segera akan melakukan tawaran opsi penaganan, mengingat dampak kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek sudah berimbas pada jalan arteri yang tentu ini akan sangat mengganggu berbagai aktivitas masyarakat pengguna jalan dan jasa angkutan umum.” ujar Plt. Kepala BPTJ

Dalam rapat kerja yang digelar diruang rapat BPTJ (20/7), Firdaus Komarno Serketaris BPTJ menambahkan bahwa kemacetan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sudah menjadi sangat krodit. Olehnya guna penanganan lebih lanjut terkait masalah kemacetan, BPTJ akan menerjunkan team survey pada titik-titik macet dan potensi rawan macet guna mengetahui titik mana saja yang mengalami krodit atau kemacetan parah. Sambung Firdaus.

Antisipasi selanjutnya BPTJ akan membuat posko pemantauan kondisi LHR. Guna menunjang kegiatan tersebut pihakn PT. Jasa Marga akan melakukan pemasangan VMS/Mobile VMS/Traffic Information board di jalan arteri sekitar tol untuk memantau dan melaporkan kondisi volume lalu lintas dan laporan lalu lintas harian rata rata, sehinnga VC ratio di masing-masing ruas jalan dapat diketahui dan bisa memudahkan langkah yang harus dilakukan untuk penanganan kemacetan.

Jalan tol semestinya menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mempercepat jarak tempuh dan terhindar dari kemacetan, namun saat ini malah kemacetan sulit dihindarkan di jalan tol, mengingat tingginya.pergerakan arus barang dan manusia. Untuk itu BPTJ harus bisa menawarkan opsi penanganan agar jalan tol mudah diakses dan nyaman digunakan sebagaimana mestinya.

Dikonfirmasi terpisah via phone, Bambang Prihartono mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini beberapa rencana aksi tersebut sudah harus terlaksana dan hasilnya bisa dievaluasi setiap harinya untuk memudahkan stakeholder terkait dalam mengambil langkah penanganan secara cepat untuk mengurangi kemacetan di Jakarta-Cikampek.

“Kami sudah membentuk team posko dan segera melakukan pemantauan volume lalu lintas dan titik kemacetan Kami akan mengajak bicara teman-teman dari Jasa Marga, BPJT, KORLANTAS dan MTI untuk segera mengambil opsi cerdas penanganan kemacetan Jakarta-Cikampek.” Ujar Bambang sapaan akrab Plt. Kepala BPTJ.

 

Liputan : Noya | Editor : Akbar

Komentar

News Feed