oleh

Tingkatkan Pelayanan, BPTJ Gelar Rapat Koordinasi di Terminal Pulo Gebang

MATARAKYAT_JAKARTA – BPTJ terus mendorong peningkatan pelayanan di terminal Pulo Gebang. Hal ini ditandai dengan hadirnya Plt. Kepala BPTJ Ir. Bambang Prihartono, MSCE yang langsung memimpin rapat koordinasi guna membahas terkait pemberlakuan e-ticketing bus AKAP dan aksesibilitas Terminal Pulo Gebang, kamis (20/07/17).

“Kami memang sengaja melakukan rapat di luar kantor untuk bisa lebih memahami persoalan dan tahu kondisi di lapangan” ujar Bambang.

Menurutnya, kalau rapat di kantor sudah biasa, saat ini saya ingin agar setiap permasalahan kita harus turun lapangan, kalau perlu langsung menggelar rapat sehingga semua bisa tuntas, tandasnya.

Pada rapat kordinasi tersebut setidaknya ada dua poin penting yang menjadi penekanan Plt. Kepala BPTJ dalam rangka meningkatkan pelayanan di Terminal Pulo Gebang yaitu e-ticketing bus AKAP dan aksesibilitas terminal Pulo Gebang. “E-ticketing terus kita dorong pemanfatannya dan disosialisasikan terus agar masyrakat pengguna dan operator bisa segera paham manfaatnya dan mau beralih dari sistem manual ke sistem e-tikecting berbasis IT,” ujar Bambang.

Penggunaan sistem e-ticekting merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan dan kepastian kepada masyarakat pengguna bus AKAP. Melalui e-ticketing masyarakat mendapatkan kepastian harga, pelayanan, dan rute. Selain itu masyarakat dapat menjadi lebih mudah dalam mendapatkan tiket bus AKAP. Kedepannya masyarakat bisa mendapatkan tiket AKAP melalu retail seperti Indomart dan Alfamart. Selain itu e-ticketing ini juga menpermudah masyarakat untuk membeli tiket return (pulang – pergi) dalam satu waktu yang sama dimana selama ini pembelian tiket AKAP return di satu waktu yang sama tidak bisa dilakukan.
Saat ini pengelola terminal Pulo Gebang telah bekerjasama dengan Organda dalam menyiapkan perangkat untuk penggunaan sistem e-ticketing. Saat ini sudah ada 5 operator yang menggunakan siatem ini. Rencananya sosialisasi e-ticketing akan terus dilakukan.

“Saya harap teman-teman media bisa membantu dalam sosialisasi ini, masyarakat harus tahu bahwa penggunaan e ticketing akan memberi manfaat lebih seperti kepastian harga, jadwal keberangkatan dan kedatangan, kepastian ketersediaan seat dan yg terpenting sistem ini akan menghidarkan dari calo yg selama ini banyak merugikan penumpang,” ujar Bambang.

Sementara itu, Kepala Terminal Pulo Gebang Ismanto menyatakan, pihaknya sudah siap dalam menjalankan e-ticketing di Terminal Pulo Gebang. “E-ticketing dapat menghilangkan parktik calo yang sering kali membuat resah penumpang” tegas Ismanto.

Bambang menambahkan, bahwa hal lain yang sangat penting adalah terkait aksesibilitas Terminal Pulo Gebang “oleh karena itu pada rapat ini saya memanggil pihak Transjakarta untuk duduk bersama dengan pihak pengelola terminal, kita akan dorong terus angkutan feeder dalam hal ini Transjakarta, masyarakat harus terlayani dengan baik, sehingga penumpang yg tiba di Terminal Pulo Gebang bisa terlayani dan mengakses perjalanan lanjutan ke tujuan dengan menggunakan bus feeder dari Transjakarta,” paparnya.

Kemudahan aksesibilitas Terminal ke Pulo Gebang terus dioptimalkan, melalui penyediaan bus Transjakarta sebagai feeder atau pengumpan ke beberapa titik. Feeder Transjakarta ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mempermudah akses menuju ataupun keluar Terminal Pulogebang. Feeder transjakarta ini sudah beroperasi dan saat ini sudah dapat dinikmati oleh penumpang dari dan menuju Terminal Pulo Gebang.

Selain pihak BPTJ, dalam rapat koordinasi tersebut hadir pula pihak dari Organda, Transjakarta, dan perwakilan Dishub DKI.

Liputan: Zhakral | Editor: Akbar Karca.

Komentar

News Feed