oleh

Bhabinkamtibmas Mappedeceng Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

MATARAKYAT_LUTRA – Narkoba kini menjadi momok yang menakutkan bagi orang tua. Pasalnya, narkoba tidak lagi hanya menyentuh kalangan remaja, melainkan juga kalangan anak-anak. Hal ini tentu mengerikan sekaligus menakutkan bagi orang tua. Fenomena semacam itu membuat berbagai kalangan, baik pemerintah, kepolisian hingga organisasi keagamaan/kepemudaan giat melakukan berbagai upaya pencegahan melalui seminar dan sosialisasi.

Bhabinkamtibmas Polsek Mappedeceng, Brigpol Listan Enga, dalam sebuah acara Penguatan Relawan Satgas Anti Napza, baru-baru ini, di hadapan masyarakat Cendana Putih, memberikan pencerahan mengenai bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) lainnya. Menurut Bhabinkamtibmas yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat itu, narkoba bukan hanya menjadi urusan polisi, tetapi juga seluruh masyarakat.

“Narkoba tidak lagi hanya menyerang orang dewasa atau para remaja. Kini sudah masuk ke anak-anak kita. Nah, siapa yang berperan dalam melakukan tindakan pencegahan. Jawabannya kita semua. Ini bukan tugas polisi semata, tapi ada peran aktif orang tua dalam mengawasi anak-anaknya. Kalau kami, langsung tangkap, sidik, P21 dan rutan, tapi bukan itu jalan keluar terbaik,” ujar Listan.

Listan menambahkan, pengawasan tanpa keterlibatan orang tua tentu tidak efektif. Dibutuhkan keterlibatan semua pihak, mulai dari kepolisian, pemerintah, dan tentunya para orang tua. “Pengawasan di sini bukan Polisi dan pemerintah saja yang lakukan, tetapi harus ada peran aktif dari orang tua juga. Berikan arahan kepada anak-anak kita supaya menjauhi barang haram tersebut, karena narkoba itu mematikan,” terang Listan.

Listan juga menghimbau agar semua pihak yang memang anti terhadap narkoba agar betul-betul terlibat aktif dalam upaya memerangi peredaran dan penggunaan narkoba. “Mari kita bersama-sama perangi narkoba. Bukan cuma polisi, tapi kita semua. Katakan bahwa narkoba itu mematikan. Mengkonsumsi narkoba itu, satu tahun menikmati, dua tahun sakit, tiga tahun mati,” pungkas Listan

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed