oleh

Menerka Cagub NasDem di Pilgub Sulsel. NA Berpeluang Diusung

MATARAKYAT_MAKASSAR, Konstalasi politik jelang Pilgub terus beobah arah jika awal Ketua DPD Nasdem Sulsel diberi hak menentukan calon gubernur, akhirnya dieleminir sendiri partai besutan Surya Paloh. Beberapa pihak awalnya memprediksi IYL berpasangan RMS bisa jadi NA akan jadi jagoan Nasdem bersama PDI-P dan beberapa partai lain. Keputusan awal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem tiba-tiba menarik keputusan yang telah memberikan kewenangan penuh terhadap Ketua DPW NasDem Sulsel H Rusdi Masse (RMS) dalam proses penentuan usungan kandidat di Pilgub Sulsel.

Hal ini diakui Sekretaris Partai Nasdem Sulsel, Syahruddin Alrif.Sulsel. “Saya menerima informasi dari DPP NasDem, kewenangan penuh yang tadinya diberikan Kakak Rusdi Masse untuk pilkada gubernur itu ditarik kembali,” ujarnya.

Penarikan keputusan atas kewenangan penuh kepada RMS oleh Tim Tujuh DPP NasDem yg di ketuai oleh ibu Sri Sajekti Sudjunadi tak lain dilatarbelakangi kepentingan strategis Partai besutan Surya Paloh tersebut ke depan, termasuk kepentingan elektoral NasDem dan capaian visi perubahan partai NasDem ke depan.

Lebih jauh Syharuddin menjelaskan, selain itu, penarikan kewenangan khusus Pilgub ini, juga untuk kepentingan politik nasional ke depan. Sebelumnya DPP NasDem Martin Manurung belum lama ini atas nama DPP memberikan pernyataan bahwa DPP NasDem memberikan kewenangan penuh kepada Rusdi Masse untuk menentukan sikap atas proses pilkada gubernur Sulsel.

“Khusus untuk pilgub Sulsel saja, kalau pilkada kabupaten kota tidak ada masalah tetap kewenangan diberikan penuh kepada RMS,” ujar Syaharuddin.
Dengan keputusan NasDem pusat ini, tentu membuat “angin politik” pilgub Sulsel tak bisa diterka. Bagaimana tidak, RMS dalam berbagai momentum tampak bersama dengan bakal calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo.

Hal ini ditopang dengan dijadikannya RMS sebagai pilihan atau kandidat cawagub IYL bersama Andi Mudzakkar alias Cakka.
Kondisi ini tentu membuat konstalasi politik pilgub Sulsel masih terus dinamis jika ternyata NasDem pusat memiliki sikap yang berbeda di Pilgub Sulsel. Berbagai sumber memprediksi jika dukungan Partai Nasdem akan jatuh ke sosok Nurdin Abdullah? Kita tunggu.

Liputan : Ifa
Editor. : Olive

Komentar

News Feed