oleh

MA Vonis 5 Tahun, Adil Patu Dieksekusi di Bandara Hasanuddin Maros

MATARAKYAT MAKASSAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar mengeksekusi tersangka kasus korupsi dana Bansos Sulsel Adil Patu di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (26/7/2017) sore.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Dicky R Rahardjo mengatakan, petikan putusan MA kepada Ir Adil Patu, kemarin siang sudah diterima kejaksaan tetapi karena ada kesibukan jadi baru tadi pagi disposisi kepada tindak pidana khusus untuk dilaksanakan eksekusi.

Kasi pidana khusus kemudian berkoordinasi dengan Kasi Intel, kemudian langsung melakukan upaya pencarian terpidana sambil menunggu administrasi, akan tetapi dilapangan petugas sudah bergerak semua hingga tidak sempat meminta bantuan Polsek.

“Jadi terpidana ini kita tidak tahu apa maksud dan tujuannya ke bandara tapi yang jelas anggota kita memonitor bahwa istrinya bawa kendaraan mau ke bandara,” kata Dicky R Rahardjo.

Lebih lanjut, jaksa yang tidak mau kehilangan jejak melakukan tindakan dengan mengamankan terpidana, saat itu juga Kasi Pidsus memberitahukan isi putusan.

“Saat ketemu orangnya didalam mobil terpidana langsung Kasi Pidsus diberitahukan putusan yang dikeluarkan pada bulan Mei 2017. Kasi Pidsus dengan bekal surat tugas dari Kejari langsung mengeksekusi terpidana,” ujarnya.

Selain itu, terpidana ketika diamankan cukup kooperatif, cuman tidak menyangka dengan isi putusan pidana 5 tahun penjara.

“Putusan ini lebih tinggi dari putusan PN yakni 2 tahun 6 bulan penjara sedangka dendanya naik 2 kali lipat yaitu 200 juta rupiah dengan subsider 6 bulan penjara. Uang kompensasi sebesar 1,4 M,” tutupnya.

 

Liputan : Ilham | Editor : Akbar

Komentar

News Feed