oleh

Hadirkan Kades, Camat Sabbang Bahas Pertikaian Antar Desa

MATARAKYAT_LUTRA – Pertikaian remaja antar Desa di Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara bukan hal yang baru terjadi.

Dalam pembahasan itu tentang pertikaian warga Desa Dandang dengan Warga Desa Kampung Baru yang berujung damai lalu pertikaian warga Desa Dandang dengan warga Desa Kalotok, warga Desa Sabbang dengan warga Desa Bakka yang belum lama ini terjadi membuat Camat Sabbang, Nur Alim mengumpulkan kembali Kepala Desa se-Kecamatan Sabbang guna penanganan yang lebih konprehensif.

Selain Kades, hadir juga Kapolsek Sabbang AKP Umar Ismail, babinsa, unsur FKPPS, Karang Taruna dan dari Badan Kesbangpol Lutra bertempat ruang kerja Camat Sabbang, Jumat (28/07/17).
“Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dialog pemuda antar etnis dan agama yang beberapa hari yang lalu kita gelar, guna tindak lanjut dari upaya penyelesaian konflik perkelahian remaja antar Desa yang sering terjadi di Kecamatan Sabbang,” kata Nur Alim.

Persoalan konflik, masih menurut Nur Alim harus ditangani secara terpadu, baik unsur aparat hukum, pemerintah maupun masyarakat dan merupakan tanggungjawab bersama untuk menyikapinya.”Menginventarisir pokok masalah dengan masukan-masukan berbagai pihak, mengambil langkah secara terpadu dan tindak lanjut dari hasil kesepakatan berupa action di lapangan terutama menyikapi masalah miras/tuak sebagai pemicu keributan dan Narkoba,” jelasnya.

Kapolsek Sabbang, AKP Umar Ismail menghimbau agar Kades pro aktif dalam menyikapi konflik yang terjadi di desanya, tidak melindungi warganya yang bersalah serta membangun koordinasi dengan pihak terkait serta mengambil langkah-langkah minimal dapat meredam masalah.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Lutra, Syahruddin SIP yang juga turut hadir menghimbau kepada unsur Tripika dan Kades agar senantiasa menjaga kantibmas sebagai suatu aset dalam pembangunan untuk mencapai sasaran visi dan misi Pemkab Lutra dalam menciptakan keamanan yang kondusif dan memberikan kenyamanan hidup masyarakat serta mengambil langkah-langkah persuasif dan kekeluargaan dalam setiap menyelesaikan masalah, tutupnya.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed