oleh

Dishub Lutim Sosialisasi Keselamatan di Pelabuhan Timampu dan Nuha

MATARAKYAT_LUTIM – Dinas Perhubungan Lutim, Syahbandar Malili dan TNI Angkatan Laut menggelar sosialisasi terhadap pemilik kapal, Nahkoda dan ABK di pelabuhan Timampu, kecamatan Towuti dan Pelabuhan Nuha, kecamatan Nuha Luwu Timur, Senin (31/07/17).

Hal tersebut bertujuan, dalam penerapan keselamatan berlayar serta aturan-aturan kepemilikan kapal.

Sosialisasi dilakukan, Aswan Azis Kabid Angukutan laut, danau dan udara, Dishub Lutra, Kepala Syahbandar Malili Hasan Basri, TNI AL SERKA Yosep RD dan seluruh jajaran Dinas Perhubungan Lutim.

Kabid angkutan laut, danau dan udara Dishub Lutim, Aswan Azis mengatakan, aktifnya sarana transportasi danau didua wilayah yakni Timampu dan Nuha maka perlu dilakukan pemantauan yang intensif guna pencegahan resiko yang timbul dikemudian hari, ungkapnya.

“Setiap saat kita akan pantau, mulai dari kelayakan kapal, alat keselamatan, daftar manifes penumpang setiap kapal serta kelengkapan surat-surat kapal. Semua itu adalah demi keselamatan penumpang tiba dengan selamat, kata Aswan.

Senada dari itu, Kepala Syahbandar Malili, Hasan Basri mengatakan, keselamatan perlu diperhatikan. Karena, satu nyawa manusia melayang adalah pidana, maka dari itu para pemilik kapal harus menyiapkan pelampung yakni, satu orang satu pelampung serta dipakai selama berlayar, tandasnya.

Tak hanya itu kata Hasan, pemilik kapal atau nahkoda harus melengkapi surat-suratnya seperti sertifikat keselamatan,sertifikat pencemaran dan nantinya juga para nahkoda harus dibekali SPB (surat perintah berlayar) semua surat-surat itu akan kami bantu dalam proses penerbitannya, terangnya.

“ABK juga harus memerhatikan barang penumpang jangan asal numpuk, harus dipisahkan antara barang yang mudah terbakar dengan yang tidak,” ketus Hasan.

Lanjutnya, perlu diperhatikan bahwa ABK kapal memiliki alat komunikasi antara kapal satu dengan yang lainnya serta petugas pelabuhan, agar supaya ketika ada kendala dapat dikomunikasikan, kuncinya.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed