oleh

Dasa Wisma Ujung Tombak Visi Misi Pemda Lutim

MATARAKYAT_LUTIM – Dasa wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan program-program gerakan PKK ditingkat Desa dan Kelurahan yang nantinya akan berpengaruh pada kegiatan gerakan PKK di Kecamatan dan Kabupaten.

Sesuai dengan visi misi pemerintah daerah (Pemda) Luwu Timur yakni membangun desa menata kota demi terwujudnya Luwu Timur terkemuka, dimana dasa wisma merupakan kelompok terkecil yang sangat berperan dalam melaksanakan pendataan keluarga dalam kelompok keluarga kecil ditingkat Desa dan Kelurahan.

Hal ini dikemukakan Bupati Luwu Timur dalam sambutanya yang di wakili oleh Asisten Administrasi umum A.Aini Endis Anrika.SSTP,M,Si saat membuka acara pelatihan peningkatan kompetensi kelompok dasa warsa dan tim penggerak PKK kecamatan dan desa, di Hotel Sikumbang Tomoni, selasa (01/08/17).

Lanjutnya, bahwa kader Dasa Wisma harus bisa mewujudkan visi Kabupaten luwu timur yang maju, inovatif dan berkelanjutam. Maju artinya bahwa kader dasa wisma harus lebih unggul dan maju dari kader-kader yang lainnya. Inovatif membuka terobosan perubahan yang lebih kreatif sehingga menjadi inovasi unggulan yang lahir dari dasa wisma. Berkelanjutan bahwa apa yang sudah kita laksanakan dengan baik tetap dijaga dengan baik oleh kader-kader dasa wisma diseluruh Desa dan Kelurahan.

Ia juga mengingatkan bahwa untuk mewujudkan kader-kader dasa wisma yang berkualitas akan dihadapkan banyak tantangan yang harus dipikirkan bersama. Oleh karenanya perlu kesiagaan dan waspada serta dituntut peran aktif dari dasa wisma sebagai garda terdepan dalam memberikan data-data dan informasi yang akurat. Dengan demikian pemerintah yang dibawahnya akan lebih tanggap atas informasi dari dasa wisma untuk mengatasi masalah yang ada, pungkas Aini Endis.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Dr.Ani Nurbani Ali dalam sambutannya mengutarakan, bahwa dasa wisma merupakan soko guru kelompok terkecil dari kelompok-kelompok kader PKK di Desa dan Kelurahan yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Dimana dasa wisma sebagai ujung tombak tim penggerak PKK dalam pelaksanaan program pokok PKK dan program pemerintah lainnya, karena itu tim penggerak PKK adalah mitra pemerintah.

Lanjut, melalui kesempatan ini kami harapkan kepada seluruh kader agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini ,sehingga nantinya ilmu pengetahuan dan kemampuan yang diterima mampu di optimalkan dalam penerapan program PK.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama hj. Haslinda dohri selaku ketua Pelaksana kegiatan melaporkan, bahwa tujuan dan sasaran kegiatan ini diantaranya meningkatnya pengetahuan tim penggerak PKK yaitu kader-kader dasa wisma dalam menata kelompok keluarga melalui kelompok dasa wisma dimasing-masing Dusun dan Desa.

Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh 298 kader dari 11 Kecamatan se-Luwu Timur, dengan waktu empat hari terdiri dari dua angkatan yakni angkatan pertama 01 – 02 Agustus 2017 dan angkatan kedua 08 – 09 Agustus 2017
dengan menghadirkan narasumber Ir. Hj.Yuliana Andi Nakkarumpa,m.si sekertaris PKK Prov.Sulsel dan Ir.Sri Suri Ardhawati.m.si ketua Pokja 3 PKK Prov.Sulsel, ungkap Haslinda Dohri.

Kegiatan yang merajut tema, optimalisasi kelompok dasawarsa melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka implementasi 10 program PKK ini, juga dihadiri oleh Wakil Ketua Tim PKK Luwu Timur, dr.Ani Nurbani Ali, kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi, Firnandus Ali, kepala dinas perhubungan Andi Makkaraka, kepala dinas perizinan terpadu dan penanaman modal, A. Habil Unru, kepala perpustakaan, Andi Suheriah, Camat Mangkutana, Camat Tomoni, Camat Tomoni Timur, Camat Nuha, Camat Towuti serta ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta para undangan lainnya.

Liputan: Yudi/hms | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed