oleh

Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil. Wahli Menohok Gubernur Sulsel

MATARAKYAT_MAKASSAR — Seminar dan Loka karya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wilayah pesisir dan pulau pulau kecil  berlangsung di Hotel Horizon Makassar Jalan Jendral Sudirman Makassar (2/8). Ony Mahardika, Ketua Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyayangkan apa yang terjadi di di pantai Galesong dan Sanrobone  soal tambang Pasir Laut. “Ini akibat pemerintak berwatak makelar ” ujarnya.

Menurutnya watak pemerintah yang sangat makelar dan mendahulukan duit cepat dengan mementingkan investor khususnya di proyek reklamasi

” Harus ada kebijakan yang benar benar melindungi masyarakat Galesong itu, salah satunya adalah mwmperhatikan direncana tata ruang,  kalau itu menjadi wilayah perlindungan dan wilayah tangkap dan tidak diperuntukan untuk pertambangan tetapi karena watak pemerintah itu sangat makelar dan dia mendahuluka duit cepat, lebih membela pengusaha” tegas Oni

Oni Mahardika menjelaskan yang mempunyai kewenangan untuk melindungi hak rakyat ada pada pemerintah provinsi ” “Soal perizinan itu memang dulu kewenangan ada di daerah sekarang kewenangannya ada di provinsi seharusnya gubernur itu kalau bener untuk masyarakat dan untuk kesejahteraan ijin di cabut aja,” saran Oni.

Oni menambahkan,  harus ada keberanian disitu kalau memang memang bener ingin melindungi, pemerintah provinsi tidak membiarkan sebab akan menjadi konflik yang berkepanjangan dan akan berdampak pada masyarakat.” Bisa terulang kasus Salim Kancil itu, apakah kita harus menunggu terulang kejadian itu lagi sebelum ada orang mati baru berrtindak kan gitu” pungkas Oni.

Liputan : Noya. I Editor : Ifa

Komentar

News Feed