oleh

PT jas Mulia Sosialisasi Pemanfaatan Limbah di Sukamaju

MATARAKYAT_LUTRA – Pabrik Kelapa sawit PT Jas Mulia sosialisasi pemanfaatan limbah padat dan limbah cair dari hasil pengolahan kelapa sawit,Minggu (06/08/17) di aula Kantor Camat Sukamaju, kabupaten Luwu Utara.

Turut hadir Camat Sukamaju, Danramil Sukamaju, Tokoh masyarakat Sukamaju, Tokoh pemuda dan sejumlah kepala desa se kecamatan Sukamaju.

Dalam sambutan, M. Tandiangga koordinator home jas, olah pupuk limbah organik padat dan cair mengatakan bahwa
pemanfaatan limbah cair dan limbah padat hasil dari pengolahan kelapa sawit mampu menghasilkan produk produk yang baik bagi industri pertanian, bahkan bisa juga bermanfaat bagi industri peternakan.

“Limbah tandan kosong jika diolah akan menghasilkan pupuk yang baik bagi pertanian. Dan juga
limbah cair nantinya akan kita kelolah menjadi pupuk organik cair untuk pertanian, jadi kita akan mengelolah semua itu dengan baik”.
Kata tandi angga.

Direktris PT jas mulia mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan tersebut sebagai bentuk komitmen PT jas mulia untuk mensejahterakan masyarakat, serta bertujuan mengenalkan dan mensosialisasikan pengolahan limbah dan dampak positif limbah hasil pengolahan kelapa sawit bagi lingkungan.

“Jadi tujuan Kita adalah mensosialisasikan kemasyarakat Pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit pt jas mulia untuk pertanian dan untuk industri kerajinan tangan. Seperti bantal kesehatan, pakan ternak, dan masih banyak lagi. Makanya itu kita melakukan sosialisasi ini, lalu nantinya kita akan suplai bahan kepada masyarakat. Ini salah satu upaya kita untuk mensejahterakan masyarkat, ungkap Dewi.

Dewi Sartika Pasande menambahkan bahwa, PT Jas Mulia berkomitmen dan akan terus berupaya memberikan bantuan bagi masyarakat dalam realisasi program pengolahan limbah yang dilakukan oleh PT Jas Mulia.

“Nantinya bekerjasama dengan Bumdes yang dimiliki oleh desa, program kita ini akan kita dukung dengan pemberian bantuan berupa alat pencacah tandan kosong kepada desa-desa yang telah kita beri pelatihan. Kalau untuk piber pembuatan bantal sendiri, langsung dari pabrik diberikan kepada masyarakat dan manajemennya juga nantinya masyarakat akan kita bantu, seperti pemasarannya dan penjualannya. Makanya, kita lakukan secara bertahap, ini juga upaya kita memberdayakan masyarakat,” papar Dewi.

Disamping itu, Camat Sukamaju, Djair S,Sos sangat mengapresiasi komitmen PT Jas Mulia dalam memberdayakan masyarakat dengan melakukan kegiatan sosialiasi pemanfaatan limbah padat dan limbah cair hasil dari pengolahan, katanya.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi tersebut, nantinya masyarakat akan memahami dampak positif dalam mengolah limbah kelapa sawit.”Saya selaku pemerintah kecamatan Sukamaju sangat mengapresiasi komitmen PT Jas Mulia untuk mensejahterakan masyarakat, dengan hadirnya PT Jas ini, membantu perekonomian masyarakat pada umumnya. Dan Harapan saya kedepan ketika ini berjalan harus ada sentra Bumdes dari desa, semua perwakilan desa ada, sehingga orang berminat untuk mengangkat roda perekonomian masyarakat, tutup Djahir.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed