oleh

Dana Sharing Pilkada 2018 Disetujui di Depan Gubernur SYL

MATARAKYAT-MAKASSAR — Sebanyak 12 Bupati dan Walikota Se-Sulawesi Selatan menandatangani Memorandum of Understanding MoU kesepakatan pendaanaan bersama (Sharing) Pilkada serentak tahun 2018 ┬ádi depan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.bersama Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum KPU Sulawesi Selatan, Iqbal Latief mengatakan, dana sharing tersebut harus diadakan untuk meningkatkan efisiensi kinerja dalam pemilihan umum.

“Dana sharing ini harus dilegalkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah provinsi dan kabupaten daerah,” kata Iqbal.

Iqbal Latif mengatakan,  dana untuk anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) cukup signifikan dan lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Desain awal pPlgub tanpa dana sharing itu memerlukan anggaran Rp 695 miliar akan tetapi dengan pola sharing ini maka dapat ditekan menjadi Rp456 miliar,” ungkap Iqbal Latief.

Setelah melalui proses diskusi dan pembahasan dengan Pemprov dan DPRD selama 8 bulan, disepakati dana Pilkada sebesar Rp 456 miliar. Dana tersebut sudah di desain dari anggaran yang akan di share ke 12 kabupaten/kota sebanyak kurang lebih Rp 86 miliar.

Dana dibagikan ke 12 kabupaten yang tidak melaksanakan pilkada dan hanya melaksanakan Pilgub itu Rp 256 miliar. Sisanya dikelola di provinsi untuk pengadaan logistik, bimtek dan sebagainya.

Liputan : A Ayatullah

Komentar

News Feed