oleh

Dinas Perikanan Lutra Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten

MATARAKYAT_LUTRA – Pada kegiatan kajian optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, Dinas perikanan Kab. luwu utara mengadakan lomba masak serba ikan dengan tema “Melalui lomba masak serba ikan kita masyarakatkan makan ikan untuk menciptakan generasi Cerdas,” Kamis (10/08/17).

Bupati Luwu Utara. Hj. Indah Putri Indriani menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba Masak serba ikan di aula hotel remaja dampingi oleh Kapolres Luwu Utara, AKBP Dhafi, Perwira Penghubung wilayah Luwu Utara kodim Sawerigading Sengke’, Ketua tim penggerak PKK Luwu Utara Enny Abadi Thahar, Kepala Dinas Perikanan Luwu Utara Muharwan, Anggota DPRD Luwu Utara dan para ketua tim PKK kecamatan.

Kegiatan tersebut bertujuan, dalam rangka meningkatkan Gizi masyarakat indonesia, maka minat mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan. Salah satu faktor yang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan adalah semakin meningkatnya harga sumber protein lain dibanding ikan dan keunggulan gizi/proteinnya, hal di ungkapkan, Muharwan selaku Kepala Dinas Perikanan Lutra.

Lanjutnya, melalui berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan mampu mendorong seganap masyarakat untuk sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan, sehingga makan ikan dapat dijadikan budaya, ungkapnya.

Dalam rangka merealisasikan ketahanan pangan dan gizi tersebut, maka pemerintah melalui dinas Perikanan kab. luwu Utara Mengupayakan peningkatan konsumsi ikan dengan menginisiasi lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten yang di ikuti 12 Kecamatan Se-Kabupaten Luwu Utara.

Dalam lomba ini, ada 3 (tiga) Kategit yang diperlombakan yaitu; Hidangan ikan untuk Rumah tangga, Hidangan ikan untuk Balita dan Kudapan Ikan (Snack), Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan pemerintah daerah dalam rangka menyambut Hut Ri ke-72. Sekaligus, Gerakan Nasional seperti gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang salah satu implementasinya ialah lomba masak serba ikan.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara juga menjelaskan tentang kabupaten Luwu Utara yang memiliki potensi perikanan yang cukup besar dengan bentangan garis pantai yang cukup luas sehingga ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat baik di Kabupaten Luwu Utara maupun diluar Kabupaten, ujarnya.

Sementara itu, melalui gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) maka, diharapakan mampu mewujudkan generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Dengan meningkatnya konsumsi ikan ini, maka diharapakan dapat mendongkrak produksi perikanan dan pemasaran yang secara keseluruhan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Indah berpesan bahwa ada banyak manfaat ketika kita gemar makan ikan maka dari itu marilah kita gemari makan ikan, tutupnya.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed