oleh

Penanaman Perdana, Husler Apresiasi Petani Organik Manurung

MATARAKYAT_LUTIM – Masyarakat manurung yang tergabung dalam pertanian organik melakukan penanaman perdana, Kamis (10/08/17) di Desa Manurung, Kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Lutim, HM Thoriq Husler, Wakil ketua II DPRD sekaligus Ketua AKAR Lutim, Aris Situmorang, Pabung, Kadis Pertanian, Para SKPD, pihak PT. Vale Indonesia dan Kades Manurung serta puluhan masyarakat petani organik Manurung.

Sekedar diketahui, pertanian organik tersebut merupakan binaan Konsorsium Cinta Lingkungan (KCL) dan MCA Indonesia, untuk KCL terdiri dari 4 Lembaga yakni, YLP2EM sebagai Lembaga Leadher Konsorsium, LEPMAL Lutim, HIMTANI Cabang Lutim dan Yappermi yang dikenal dengan metode androgogi.

Dalam sambutannya, HM Thoriq Husler mengatakan, pertanian ini kita akan gunakan sistem pola sri organik, saat ini kita akan sosialisasikan kepada masyarakat. Tentunya, pemerintah akan senantiasa mendukung sektor pertanian secara luas, ini sudah tertuang dalam visi misi kita semua dan sudah dilebur dalam Perda, ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah daerah sudah meluncurkan 6 tracktor, 2 pompa air, 1combain mini dan kita sudah membangun pintu air sebanyak 9 unit, untuk mengembangkan pertanian, dengan harapan lumbung pertanian organik termuka di Sulsel, ujarnya.

“Tahun ini kita optimis produksi pertanian meningkat, saya harapkan pertanian organik dapat mendulang produksi pertanian organik,” katanya.

Husler menjelaskan, 27 ribu lebih luasan pertanian kita saat ini dan memproduksi beras puluhan ribuh ton, paparnya.

Ia menambahkan, dengan menggunakan pupuk kimia mengakibatkan tanah persawahan keras sehingga, hal tersebut menjadi persoalan bagi pertanian, oleh sebab itu melalui metode sri organik kita berharap perubahan lahan pertanian menjadi lebih baik, ucap Husler.

Saya berharap kata Husler, BP3K dan pendampingan lainnya untuk terus mendampingi pertanian kita,”kalau ada masalah laporkan ke saya biar kita akan mencari solusinya,” tutupnya.

Diakhir kegiatan, secara simbolis penanaman perdana dilakukan Bupati Lutim, Wakil Ketua II DPRD, Pabung, pihak PT. Vale serta pendamping, diarea persawahan.

Foto: penanaman perdana pertanian organik manurung dipimpin Bupati Lutim, HM Thoriq Husler.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed