oleh

Komisi I DPRD Lutra Tinjau Sungai Tercemar Limbah PT Jas Mulia

MATARAKYAT_LUTRA – Ketua komisi I DPRD kabupaten Luwu Utara, Sudirman Salomba meninjau langsung sungai Posa’a desa Minanga Tallu, kecamatan Sukamaju, kabupaten Luwu Utara yang tercemar limbah pabrik PT Jas Mulia, jum’at (11/08/17).

Selain ketua Komisi I, turut kepala desa Minanga Tallu, Nasrum, Sekdes Minanga Tallu, tokoh masyarakat dan sejumlah masyarakat Minanga Tallu, serta wakil direktur PT Jas Mulia Darmawan.

Dalam peninjauan tersebut, tampak Sudirman Salomba meninjau beberapa lokasi yang terdampak limbah pabrik PT Jas Mulia. Salah satunya, sawah milik warga.

Menurut Sudirman, dirinya melakukan peninjauan di sungai Posa’a berdasarkan adanya laporan warga desa Minanga Tallu yang mengeluhakan limbah cair milik PT Jas Mulia telah mencemari sungai dan menyebabkan sejumlah petani di desa Minanga Tallu terancam batal turun sawah.

“pagi pagi tadi ada laporan dari masyarakat, katanya limbah pabrik PT Jas Mulia memenuhi dan sudah mencemari sungai. Diduga akibat dari jebolnya kolam penampungan limbah, makanya saya langsung kesini,” kata Sudirman.

Disamping itu, anggota DPRD tersebut dan tokoh pemuda desa Lampuawa serta desa Minanga Tallu hingga Wakil Direktur PT Jas Mulia, Darmawan yang turut hadir dalam peninjauan sungai Posa’a tersebut mengatakan, bahwa dirinya berharap agar persoalan limbah milik Pabrik PT Jas Mulia yang mencemari sungai Posa’a dapat sesegera mungkin diselesaikan oleh pihak PT Jas Mulia agar tidak membawa dampak kerusakan yang lebih serius bagi lingkungan dan masyarakat, terkhusus petani.

“Jadi ini tindak lanjut kita berdasarkan laporan dari masyarakat, tolong ini secepatnya diselesaikan. Jadi kami harap untuk sementara PT Jas Mulia tutup dulu opersional mulai hari ini sampai sungainya benar benar jernih.
Jadi, ini adalah tanggung jawab perusahaan,” tandas Sudirman.

Disamping itu, Nasrum kades Minanga Tallu mengapresiasi ketua komisi I Sudirman Salomba yang dinilai begitu sigap dalam menanggapi keluhan masyarakat. Karna menurutnya tinjauan langsung yang dilakukan oleh ketua DPRD itu bukti nyata dari konsistensinya dan sumbangsihnya dalam melayani masyarakat.

“Kami berterima kasih karna pak Dewan juga langsung meninjau, apalagi dia juga orang Minanga Tallu atau Lampuawa. Jadi, mudah-mudahan PT Jas Mulia segera menyelesaikan persoalan ini, karna yang dirugikan adalah masyarakat,” harap Nasrum.

Sementara itu, Wakil Direktur PT Jas Mulia, Darmawan mengatakan, pihak PT Jas Mulia segera mengatasi permasalahan limbah dan sesegera mungkin melakukan evaluasi kolam limbah yang diduga jebol.

“Terima kasih pak Dewan atas saran dan masukannnya, jadi kami akan evaluasi masalah kolam ini dan sesegera mungkin mengatasi masalah limbah. Nanti kita akan rapatkan ini,” tutupnya.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed