oleh

Ratusan Pelajar di Timampu Ikut Jumat Bersih

MATARAKYAT_LUTIM – Pemandangan berbeda di pelabuhan penyeberangan Timampu danau Towuti, Jumat (11/8/2017) pagi. Ratusan pelajar dari dua sekolah dasar yakni, SDN 265 Timampu dan SDN 268 Towuti menyerbu halaman pelabuhan.

Ratusan pelajar tersebut, dalam rangka menggelar jumat bersih yang merupakan program pemerintah desa Timampu.

Tampak pelajar membawa sapu dan kantong kresek sebagai tempat sampah, yang didampingi sejumlah guru masing-masing sekolah.

Selain itu, turut pula pemerintah desa Timampu dan lima orang dari organisasi fakultas perikanan Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo.

“Ini adalah upaya dalam menjaga kebersihan daerah kami, terutama area pelabuhan ini, kita tahu pelabuhan ini adalah yang paling aktif di danau Towuti, kami dari pemdes juga berharap kepada dinas perhubungan agar mau bekerja sama dalam hal pengelolaan lingkungan pelabuhan ini, sekiranya dinas harus menyiapkan satu atau dua orang petugas kebersihan disini dan menyiapkan kantong sampah agar sampah tidak sembarangan dibuang ke danau,” ungkap Samsul selaku kades Timampu.

Lanjutnya, program Jum’at bersih dengan melibatkan anak-anak murid SD merupakan hasil komunikasi kami bersama guru-guru untuk menanamkan sikap peduli lingkungan sejak usia dini. Kegiatan ini juga merupakan kode keras bagi masyarakat desa, agar selalu mau terlihat dalam upaya pelestarian lingkungan bersih, jangan mau kalah sama anak kecil. Ini kampanye sadar lingkungan harus dilakukan bersama-sama, sehingga masyarakat bisa melihat, bahwa kebersihan bukan sekadar tanggung jawab petugas, tapi juga semua orang, tandasnya.

Senada dari itu, Andi Syakur pihak Universitas Andi Djemma Palopo mengatakan, kami sangat antusias ikut dalam program ini, karena merupakan bagian dari kegiatan penelitian kami satu tahun kedepan di danau Towuti masalah perikanan endemik, kalau sampah-sampah ini terbuang ke danau hingga tercemar tanpa ada penanggulangan, otomatis populasi ikan endemik di danau akan ikut terpengaruh negatif. Kami juga berupaya mengajak semua masyarakat yang berada di pesisir danau agar peduli terhadap kebersihan danau, ini demi masa depan semua masyarakat pesisir, tutupnya.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed