oleh

“Senada” Antisipasi Gerak Penyanyi Caddoleng-Doleng

-Aneka-1.070 views

MAROS,– Seniman Musik Dangdut Senada Sulawesi Selatan, resmi berkiprah  untuk menyalurkan bakat dan minat serta menangkis kesan negatif masuk dangdut. Pengresmian dirangkai konser dangdut di Jalan Crisya, Pantai Tak Berombak (PTB) Maros, kemarin.

“Deklarasi” penyerahan akta notaris dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Maros, HS. Chaidir Syam, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan, Irfan AB dan Wakapolres Maros, Komisaris Polisi. H Najamuddin, SH.MH.

Ketua Senada, Jumadi, yang akrab disapa Bang Jay, mengatakan Senada berdiri atas prakarsa para pencinta musik dangdut, pengusaha elektone, musisi, vokalis dan teknisi sound dari berbagai asal daerah, Maros, Makassar, Gowa dan Pangkep.

Menurut Jay, Senada akan membuka ruang bagi para seniman berkarya yang selama ini mengantungkan hidup di dunia musik, “Selain mengembangkan berbagai usaha yang berkaitan dengan seni, dimasa mendatang, Senada akan mendirikan Sekolah, Industri Musik, Bengkel Sound Paten, Bengkel Reging dan Desainer Tailor, juga akan melahirkan Media Cetak dan Media Online yang akan menjadi penunjang marketing produk karya karya Senada kedepanya.

“Teman teman yang terhimpun di Senada saat ini, punya sumberdaya dan keahlian tersendiri, untuk menopang berbagai usaha tersebut, sisa butuh waktu dan proses untuk mewujudkanya,” kata Jay

Selain dari Itu, lanjut Jay, Senada juga akan bekerjasama dengan Pemerintah dan Kepolisian, utamanya dari segi keamanan para pelaku usaha elektone dan krunya agar  selalu aman menghibur masyarakat disetiap hajatan.

“Kami menjamin, para pengusaha elektone yang tergabung dengan Senada akan memberikan penampilan penyanyi yang sewajarnya, tidak eksotis dan berlebihan seperti Caddoleng Doleng yang berpotensi merusak moral masyarakat” kata Jay.

Wakil Kepala Kepolisian Resort Maros, Kompol H. Najamuddin, merespon dan mendukung Senada, ia mengatakan, sangat mendukung lahirnya Senada yang mewadahi pengusaha elektone,

“Selama ini, elektone yang menghibur disetiap acara hajatan jalan sendiri sendiri menyulitkan petugas melakukan pengawasan, mudah mudahan dengan organisas Senada dapat bersinergi untuk terhindar dari hal negatif,” ujarnya.

Ketua DPRD Maros, HS. Chaidir Syam, mengapresiasi berdirinya organisasi Senada, pemerintah akan mendukung agar ada orang orang Senada  bisa tampil ke kanca nasional.

“Program sekolah musik, industri musik dan kegiatan usaha lainya akan menjadi perhatian pemerintah dan apa yang diprogramkan Senada dapat meningkatkan kualitas seniman dangdut dari ide ide kreatif dan inovatifnya apalagi berhasil menggarap album” kata Chaidir.

Sementara Irfan AB, Legislator DPRD Sulsel, mengaku salut dengan berdirinya organisasi ini, ia berharap kedepan Senda bisa menjadi wadah bagi Seniman Dangdut untuk berkarya.

Dangdut adalah musik dan lagu yang nenjadi tren dimasa kini dan kebutuhan masyarakat, “Pemerintah Sulawesi Selatan akan merespon baik berdirinya organisasi ini dalam melestarikan seni musik dangdut apalagi ingin membuat sekolah musik dan industri musik serta mengangkat karya karya seniman dangdut daerah kedepan,” kata Irfan.

Pun, Ketua Badan Kordinasi Kesenian Indonesia (BKKI) Maros, Husni Siame, menyambut kehadiran Senada, ia berharap kedepan Senda bisa bekerjasama dengan BKKI melestarikan musik dangdut daerah.

“BKKI menyambut baik kehadiran Senda, ini satu satunya lembaga Seni Dangdut yang resmi terbentuk di Daerah, semoga kehadiran lembaga ini dapat menghasilkan karya karya yang berkualitas kedepan,” kata dia.

Peliput : Jumadi

Komentar

News Feed