oleh

Dirjen Perhubungan Darat Mundur. Ini Alasan Pudji?

MATARAKYAT-JAKARTA, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengundurkan diri dari jabatannya. Langkah ini dipilih Pudji sejak pertengahan Juni 2017 lalu.

Pada pertengahan Juni 2017 lalu, Pudji sudah melayangkan surat pengunduran dirinya kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Keputusan ini juga diambil Pudji melewati berbagai tahapan, mulai dari salat istikharah hingga berdoa langsung di Tanah Suci saat menjalankan ibadah umrah.

“Saya minta berhenti enggak dikasih, jadi oke pak, empat hari kemudian, masih tetap. Tapi akhirnya oke, beliau memberikan suatu sinyal, akan saya proses bahwa nanti setelah Lebaran,” ujar Pudji saat berbincang dengan wartawan di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2017).

Setelah Lebaran, Pudji tak kunjung mendapat kepastian dari surat pengunduran dirinya. Meskipun kinerjanya saat menangani musim mudik Lebaran berjalan mulus.

“Lho, itu beban bagi saya, artinya kan saya nanti kalau seandainya enggak sukses, saya tetap pensiun apa kata dunia,” ujar Pudji.

Sebelumnya, Pudji merupakan perwira tinggi Polri. Ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Akpol dan Kakorlantas Polri beberapa tahun lalu sebelum memutuskan pindah ke Kementerian Perhubungan.

“Untuk itu dengan segala kerendahan hati saya mengajukan pensiun dini, tidak memperpanjang tugas di Kementerian Perhubungan. Alhamdulillah Allah SWT mengabulkan sesuai SK Presiden tanggal 8 Agustus 2017,” kata Pudji.

Mengenai alasannya pensiun dini dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji mengungkapkan bahwa dirinya ingin beristirahat dari kesibukannya yang sudah dijalani sejak 34 tahun lalu.

“Saya mau komitmen pensiun sesuai saya yang tanda tangan di umur 58. Teman-teman saya juga sudah pensiun dan lebih enak,” ujar Pudji.

Per Senin (21/8) Pudji resmi tak berkantor lagi di Kementerian Perhubungan. Pudji mengungkapkan dirinya akan digantikan oleh Sesdirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

“Nanti per Senin mungkin digantikan oleh Sesdirjen Perhubungan Darat. Minggu saya masih ada acara juga di sini,” kata Pudji

Pudji menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada 7 April 2016. Pudji menggantikan Djoko Sasono.

Ia resmi pensiun dari kepolisian pada tahun 2016 setelah ditunjuk oleh Menteri Perhubungan kala itu Ignasius Jonan sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Liputan : BN

Komentar

News Feed